Siap-siap Sarolangun Tambah Kecamatan


SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, nampaknya pantang menyerah untuk membangun Kabupaten Sarolangun ke arah yang lebih baik, salah satunya dibidang pemekaran Kecamatan, yang terus diupayakan untuk ditambah kecamatan baru. Dimana saat dirinya menjabat sebagai Wakil Bupati Sarolangun, pada masa kepemimpinan Bupati H Hasan Basri Agus, Jumlah Kecamatan masih sebanyak enam kecamatan.

lalu, Cek Endra menjabat sebagai Bupati Sarolangun pada Priode pertama, yakni pada tahun 2013 yang lalu, Jumlah Kecamatan berhasil ditambah dengan adanya pemekaran Kecamatan, yang awalnya hanya enam kecamatan menjadi 10 Kecamatan, seperti sekarang ini, Yakni Kecamatan Sarolangun, Kecamatan Bathin VIII, Kecamatan Pelawan, Kecamatan Singkut, Kecamatan Limun, Kecamatan Cermin Nan Gedang, Kecamatan Batang Asai, Kecamatan Pauh, Kecamatan Air Hitam dan Kecamatan Mandiangin.

tak sampai disitu, pada masa kepemimpinanya menjabat sebagai Bupati Sarolangun untuk priode kedua pada tahun 2017 ini, terus diupayakan pemekaran Kecamatan, dimana direncanakan akan ada dua Kecamatan yang baru, Yakni Kecamatan Mandiangin Dalam sebagai Pemekaran dari Kecamatan Mandiangin, dan Kecamatan Bathin Pengambang, sebagai pemekaran dari Kecamatan Batang Asai.

Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra belum lama ini, saat dikonfirmasi mengaku sangat berharap dua kecamatan yang diusulkan ke Kemendagri segera direalisasikan, pada tahun 2018 mendatang, setelah adanya pemamparan hasil survey peneliti pemekaran kecamatan dari Tim ahli STPDN dan kemendagri Minggu lalu.

Kecamatan Mandiangin dalam sudah bisa dipastikan akan dibentuk karena sudah lengkap syarat, sementara Kecamatan Bathin Pengambang terkendala kurangnya jumlah desa, yakni 3 Desa lagi, namun Bupati Cek Endra, tetap akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa direalisasikan tahun 2018 mendatang.

Dengan demikian, jika tahun 2018 mendatang dua kecamatan tersebut berhasil dimekarkan, maka Kabupaten Sarolangun akan terdiri dari 12 Kecamatan, artinya Bupati Cek Endra berhasil memekarkan Kecamatan 100 persen sejak tahun 2006 yang lalu.

” Mandiangin, syarat sudah lengkap, ini kita dahulukan, dan nanti batang asai menyusul setelah ada rekomendasi dan ada kebijakan khusus dari kami. saya berharap 2018 mendatang, insa allah kita resmikan dua kecamatan itu, nah sarolangun kalau ditambah dua berarti sudah kecamatan yang kedua belas, sekarang kan 10 kecamatan posisi kita, dulu tahun 2006 waktu saya wakil bupati baru enam kecamatan, kalau 12 berarti berarti bertambah 100 persen,”Kata Cek Endra.

selain itu, ia berharap dengan pemekaran kecamatan ini, akan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, terutama daerah terpencil, di dua kecamatan tersebut, dan tentunya mempercepat pembangunan daerah. ” Daerah terpencil ,mempercepat pelayanan dan pembangunan di daerah itu, melayani masyarakat dan termasuk anggaran pusat dan provinsi sudah ada jatah khusus, dan banyak lah keuntungan yang akan diterima,”Tukasnya.

Laporan : Abityas
Edt : Yadi

Updated: 7 November 2017 — 09:34
© 2016-2018, seputarmerangin.com Klick SM-TT DEPT
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: