Dimerangin 14 Orang  PSK Terdeteksi Positif IVA

Merangin-Setelah dilakukan tes Inspeksi Visual Asam Astetat (IVA),sedikitnya ada 14 orang pekerja sek komersial (PSK) dikecamatan Masurai positif hasilnya,Sehingga para PSK yang menjajakan diri di  empat warung remang remang wajib melakukan tea peap smear,Untuk bisa di ketahui apakah terjangkit penyakit HIV AIDS atau tidak.
Data ini diketahui saat di lakukan tes IVA kepada 14 orang PSK,yang beroperasi di kecamatan Lembah masurai oleh petugas medis.
“Ada 14 orang PSK yang positif IVA dan harus di lakukan tes peap smear,Namun mereka banyak yang tidak mau,Tentu saja ini sangat beresiko untuk terkena HIV AIDS”Jelas Aa salah satu petugas medis yang di jumpai.
Ketidak mauan para PSK untuk melakukan tes lanjutan,Disebabkan karena mereka enggan untuk meninggalkan pekerjaan mereka selama 10 hari,tidak melayani pelangganya.
“Kalau alasan mereka tidak mau melanjutkan tes,Disebabkan selama 10 hari mereka tidak boleh berhubungan intim dengan pelangganya ini yang mereka beratkan”Bebernya lagi.
Dari 14 orang PSK yang hasil tes IVA nya positif,ternyata lebih banyak PSK yang enggan untuk ikut tes IVA.
“kalau jumlah total PSK yang ada di empat warung remang remang ada 42 orang,Alasan  tidak mau iku tes ada yang bilang sakit sebab di bagian organ intimnya akan terasa pedih selama hampir dua jam lamanya” tambahnya.
Pihaknya juga menyarakan agar para PSK bisa melayani pelangganya menggunakan pengaman,Namun banyak yang menolak untuk menggunakan alat kontrasepsi jenis kondom.
“Mereka kalau kita suruh banyak yang tidak mau,Padahal sangat beresiko untuk terjangkit penyakit HIV AIDS,sebab mereka sudah positif IVA”Ujarnya.
Dari 42 orang PSK yang berada di sungai tebal,Banyak berasal dari luar daerah seperti Bandung jawa barat,Muara Bungo,Lubuk Linggau Dan Curup.
“Banyak dari luar daerah,Dan pelangganya juga banyak yang pekerja kebun dari luar daerah,Bukan warga lokal”katanya lagi.
Bahkan setiap hari Rabu para PSK akan lebih banyak membanjiri ke sungai tebal,Dan akan kembali pada malam minggu.
“Ini sudah jadi rutinitas setiap malam rabu pasti banyak PSK yang datang,nanti malam minggu mereka kembali ke daerahnya,Tapi yang jelas dari 14 orang PSK yang positif masih 10 orang yang terus menjajakan diri”tandasnya.
Sementara itu kepala dinas kesehatan merangin dr Solahudin,saat di konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya akan meminta petugas kesehatn turun ke lapangan,Guna memberikan pengetahuan bahayanya penyakit menular.
“Saya minta petugas puskesmas turun ke lapangan,Cegah secara dini  jangan sampai banyak  PSK yang positif IVA dan bisa berpotensi menjadi HIV AIDS”pungkasnya.(ble)
Updated: 13 November 2018 — 20:53
© 2016-2018, seputarmerangin.com Frontier Theme
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: