Bumdes Harus Jadi Barometer Ekonomi Kerakyatan

Merangin-Keberadaan Badan usaha milik desa (Bumdes),harus memiliki peran dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga dampak dari keberadaan Bumdes bisa di rasakan oleh masyarakat di desa.

Apalagi peran Bumdes sangat sentral,dengan semua unit usaha yang di kembangkan maka bisa menambah pendapatan asli desa.

” Bumdes merupakan salah satu unit usaha yang memiliki legalitas jelas,dalam pengelolaan unit untuk meningkatkan pendapatan asli desa”ungkap Camat Renah Pamenang Kusmanto,saat membuka Bintek di desa lantak seribu (9/9).

Bahkan peranan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat juga,sangat dirasakan dengan unit usaha yang di bentuk di Bumdes.

” Unit usaha yang di bentuk juga jauh lebih menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, dan ini menjadi salah satu pola mengembangkan unit usaha dalam meningkatkan perekonomian masyarakat”,ujarnya lagi.

Dan bentuk permodalan yang di ajukan,bisa di ambil dari anggaran Dana Desa ,namun wajib di masukan dalam RPJMDes,sehingga bisa di evaluasi penganggaran.

“Penyertaan modal bisa di ambil melalui anggaran dana desa dan Dana desa,namun yang jelas harus melalui penilaian kelayakan,dan yang tidak kalah penting adalah tercantum dari musdes”ucapnya.

Laporan (ble)

Yoyo

Next Post

TMMD ke 106 Juga Memupuk Rasa Kegotong Royongan

Sen Sep 9 , 2019
Sarolangun-TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 106 Kodim 0420 Sarko yang dilaksanakan di kawasan Terpadu (SAD) Suku Anak Dalam Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun, memiliki tujuan utama yakni dibuatnya jalan Setapak dan Pembuatan Jembatan untuk membuka isolasi warga SAD. Satgas Pra TMMD Kodim  0420/Sarko Kapten Inf Sutego […]