Ini yang Membuat Freeport Betah di Papua

freeport

Jakarta -Kontrak perusahaan tambang Freeport McMoRan telah diperpanjang hingga 2021. Ini merupakan perpanjangan kontrak kedua sejak investasi perdana pada 1967. Banyak cara ditempuh perusahaan ini supaya tetap dapat menambang di Grasberg.

Tak lain hal ini disebabkan masih banyaknya cadangan mineral yang bisa ditambang. Saat ini, sekitar 60% produksi biji atau biasa disebut ore Freeport berasal dari tambang permukaan, Grasberg Open Pit.

Namun, saat ini, cadangan di pertambangan permukaan sudah memasuki fase habis. Menurut perkiraan, pada 2017-2018, kontribusinya akan semakin mengecil. Freeport pun melakukan investasi untuk mempersiapkan tambang bawah tanah.

Karenanya, Freeport memiliki kepentingan terhadap perpanjangan kontrak kerja sama dari 2021 atau hingga 2041. Juru bicara Freeport Indonesia Riza Pratama bilang, Freeport ingin kegiatan operasional diperpanjang karena sebenarnya kontrak habis pada 2041.

Namun, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 mengenai Mineral dan Batu Bara yang menetapkan masa kontrak habis setiap 20 tahun, kontrak Freeport habis pada 2021. SVP Freeport Indonesia Wahyu Sunyoto mengatakan, kunci sukses pembangunan tambang bawah tanah adalah investasi untuk pengeboran bawah tanah.

Selain itu, lanjutnya, kepastian investasi penting didapat karena butuh 10 tahun untuk mempersiapkan tambang. Untuk investasi tahun lalu, Freeport sudah mengeluarkan US$ 17 juta.

Tahun depan, dana yang dikeluarkan diperkirakan sudah mencapai US$10 juta hingga US$15 juta. Meski demikian, penghasil mineral terbesar masih berasal dari Grasberg Open Pit.

 

Sumber: Detik.com

Next Post

Tatap MotoGP 2016, Rossi Latihan Pacu Motor 100 Km

Sen Jan 18 , 2016
TAVULLIA – Valentino Rossi berlatih serius jelang menghadapi MotoGP 2016. Pembalap 36 tahun itu diketahui berlatih memacu motor dengan menempuh jarak 100km di lintasan berpasir pribadinya di Tavullia, Italia. Acara bertajuk ‘100km dei Campioni’ adalah ajang balapan ketahanan tahunan yang rutin digelar The Doctor. Balapan menggunakan motocross itu kerap diikuti […]