Zola Minta Bupati dan Walikota Awasi Penyaluran Raskin

Pemerintahan

IMG_20160414_183149

JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi tegaskan program raskin yang bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan, penyalurannya harus tetap tepat sasaran. Penegasan ini dilontarkankan langsung oleh Gubernur Jambi Zumi Zola saat peanugerahan Raskin/Rasta Aword 2015 dan kerjasama Perum Bulog Drive Jambi dengan Pemprov Jambi, Kamis (14/4/2016).

 

Dikatakan Zola bahwa notabenenya, program bantuan beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah (Program Raskin) merupakan program nasional lintas sektoral baik horizontal maupun vertikal guna membantu pangan kepada masyarakat berpendapatan rendah.

 

” saya berharap dalam penyaluran raskin dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran kepada masyarakat yang kurang mampu agar dapat merasakan manfaatnya,” tegas Zola saat dikonfirmasi sejumlah awak media.

 

Sebab tambahya, program Raskin merupakan salah satu upaya pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan guna melindungi warga kurang mampu dari permasalahan kekurangan pangan serta menunjang pemerataan ekonomi bagi masyarakat kurang mampu.

 

Terpisah Zola mengutarakan, bahwa dalam rangka menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sangat membutuhkan dukungan ketahanan pangan yang kokoh untuk menjamin kesejahteraan bagi seluruh warga negara indonesia guna menjaga daya saing dan stabilitas sosial, terlebih bagi warga ekonomi lemah yang membutuhkan perhatian dan bantuan dan dorongan lebih dari pemerintah.

 

” Pemerintah provinsi jambi pada tahun 2015 yang lalu telah menyalurkan 34.183. 590 kg beras bersubsidi (Raskin) kepada warga yang berhak menerimanya di 11 Kabupaten/kota di Provinsi Jambi dan   tahun 2016 ini akan disalurkan kembali beras raskin kepada 162.779 KK di seluruh Kabupaten/kota dalam provinsi jambi, sesuai dengan hasil pendataan warga miskin yang telah dilaksanakan oleh TNP2K bersama Kemenko PMK RI,” ungkap orang nomor satu ditanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

 

 

” Saya merasa bangga dengan pencapaian realisasi raskin diprovinsi jambi mencapai angka 100 persen pada tahun 2015 yang lalu. Hal tersebut dapat terjadi karna kerja keras dan kerjasama yang baik diantara seluruh lembaga/instansi yang terkait,” sambung Zola.

 

 

Terakhir Zola meminta Bupati/walikota untuk selalu mengawasi dan memonitor dalam penyaluran raskin agar sampai kepada yang berhak menerimanya.

 

 

” Kita harus menghilangkan anggapan pada saat ini penerima raskin adalah keluarga, kerabat dari seseorang pejabat, ini perlu dievaluasi, berikan yang berhak menerimanya,” tutup Zola.

 

(Apo)

Author

Related Articles

Back to Top