Wow, di Merangin Ada Pabrik Pakan Ternak, Produksinya 3 Ton Per Hari

Pemerintahan

sapi
MERANGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin mulai melirik investasi di sektor peternakan.

Hal itu ditandai dengan berdirinya pabrik pakan ternak di Desa Pinang Merah Kecamatan Pamenang Barat.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Merangin, Markoni mengungkapkan, pabrik pakan ternak tersebut bisa memproduksi pakan hingga 3 ton per hari.

“Pakan ternak yang kita buat itu berbentuk konsentrat. Kami juga mengembangkan dua jenis ternak sapi, yakni sapi brahmana dan sapi bali. Tujuannya, selain untuk penggemukan, kedua jenis sapi juga menjadi penguji kualitas pakan yang kita buat,” ujarnya.

Kata Markoni, pada tahun 2016, Disnakkan masih melakukan uji coba komposisi kualitas gizi pakan ternak. Sebab, setiap jenis sapi membutuhkan nutrisi yang berbeda.

Dalam satu hari, satu ekor sapi menghabiskan pakan seberat 10 kilogram. Pada akhir bulan, Disnakkkan menimbang berat sapi. Apakah ada kenaikan yang signifikan atau tidak.

“Ada standar kenaikan berat badan berkisar 30 kilogram. Kalau tidak mencapai 30 kilogram, berarti kualitas gizinya kurang. Maka, komposisi bahan pakannya kita rubah. Begitu seterusnya hingga mendapatkan komposisi ideal untuk setiap jenis sapi. Nanti, ditahun 2017 barulah kita pasarkan,” ungkapnya.

Seputarmerangin: Zakhrowi

Author

Related Articles

Back to Top