Warga Suku Anak Dalam Diajari Cara Membuat Buah Kepayang Menjadi Minyak Goreng

Sarolangun-Program TMMD 106 Kodim 0420/Sarko Melaksanakan Kegiatan Non Fisik bekerjasama dengan Dinas Pengolahan Kehutanan Sarolangun kepada Masyarakat Suku Anak Dalan Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun.

Misriadi Kepala Pengolahan Hutan (KPH)  menjelaskan buah kepayang atau kluwek (pangium edule reinw), bisa diolah menjadi minyak artinya dengan mengelolah minyak masyarakat bisa membudidayakan buah kepayang. Tanaman kepayang itu selain juga penghijauan juga merupakan penguat struktur ekonomi jika dikelolah dengan baik.

” Ada alternatif, bahwa dulunya orang biasa menggorengkan dengan minyak kelapa ataupun kelapan sawit, sekarang sudah ada alternatif lain yakni buah kepayang bisa dijadikan minyak untuk mengggoreng untuk makanan kita sehari-hari”kata Misriadi.

Ditambahkan Misriadi, jika pembuatan minyak buah kepayang tersebut tidaklah rumit, semua masyarakat bisa melakukan.

‚ÄúDalam pengelohannya sendiri saat sekarang kita masih melakukan dengan tradisional, dimana bijinya dipecah kemudian bijinya ditumbuk atau difress keluarlah minyaknya. Dengan ada pembelajaran ini, nantinya diharapkan masyarakat bisa menambah penghasilan keluarga atau minimal mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga”pungkasnya

Tim

Updated: 14 Oktober 2019 — 10:10