Warga SAD Berharap Pemerintah Bangun Jalan Kebun

Utama

IMG_1027

SAROLANGUN-Kebun karet warga suku anak dalam (SAD) banyak berada kedudung muda, hanya saja jalan menuju relokasi tersebut harus melewati kawasan taman nasional bukit 12.

 

Dan kesulitan tersebut sudah berlangsung lama,bahkan untuk  menuju lokasi  kabun warga barus menempuh jarak sekitar 20 km  dan jika di tempuh dengan berjalan kaki harus di tempuh dengan waktu 4 jam ,dan jika warga SAD membawa beban maka harus ditempuh selama  1 hari.

 

“Kami banyak kebun yang ada di dalam tepatnya di kedudung muda,dan untuk mengeluarkan hasil kebun harus satu hari lamanya,”kata Meluring (25) warga SAD yang berada di bukit suban kecamatan air hitam, Sarolangun, Jambi.

 

Dengan kesulitan tersebut  dirinya sangat mendambakan Jalan setapak jika tidak ekonomi terganggu dan rumah juga tidak bisa di tempati.

 

“percuma juga jika jalan tidak di buat ,sebab rumah yang di bangun pemerintah jadi jarang kami tunggu,dan hanya kami jadikan rumah singgah saja,” tambahnya lagi.

 

Di akuinya  selama ini Meluring masih mengikuti tradisi leluhur seperti berburu ,mencari getah jernang,tebu tebu(rotan manis) ,mandau,damar meranti,dan juga mencari  madu hutan.

 

“Tradisi nenek moyang masih kami jalankan ,tapi jika jalan di buat maka kami bisa memiliki kehidupan yang layak,” bebernya.

 

Dengan adanya kegiatan TNI yang berada di pemukiman, Meluring berharap bisa membantu untuk membuat jalan di kawasan tersebut.

 

“Kami hanya bisa berharap agar bapak tentara bisa bantu kami,buat jalan menuju kawasan yang dekat dengan kebun kami,” tandasnya.

 

Nanang

Author

Related Articles

Back to Top