Wah.!!! Ada Pungli Di Pasar Atas Bungo

Wah.!!! Ada Pungli Di Pasar Atas Bungo

Utama

img-20161015-wa0010

MUARA BUNGO – Maraknya praktik Pungutan Liar (PUNGLI) di Kawasan Pasar Atas Bungo seakan lepas dari pengawasan pihak terkait.

Beberapa pedagang mengeluhkan adanya pungutan lapak (lokasi dagang) yang timpang tindih.

Bagaimana tidak, Dalam sehari pedagang pasar tumpah harus membayar 2 kali pungutan kepada element berbeda, yakni Dinas Pasar dan Pihak RW.

Amrizal (56) salah seorang pedagang pasar tumpah yang dimintai keterangan membenarkan adanya 2 kali pungutan yang harus dibayar setiap harinya.

“sebenarnyo keberatan, tambah lagi pihak RW dak menjelaskan peruntukan pungutan yang diambiknyo”, Jelas Amrizal,Sabtu (15/10).

Pihak RW 02 mengambil pungutan sebesar RP.2.000/Karcis kepada pedagang, hal ini dikarenakan lokasi pasar tumpah masuk dalam kawasan RW 02 kelurahan Batang Bungo, Kecamatan Pasar Bungo.

“Pungutan yang kita lakukan sesuai kesepakatan ninik mamak dan pemuda sejak 9 September 2015, untuk alokasi dana 50% untuk pembangunan masjid, 25% petugas lapangan, 10% untuk pengelola dan 15% untuk perawatan/kebersihan dan cadangan yang bersifat insidentil”,Ungkapnya.

Ditempat terpisah, Zulkarnain Kasubbag Keuangan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Bungo menganggap pungutan yang dilakukan pihak RW 02 adalah pungli, karena tidak didasari Peraturan Daerah (PERDA).

“yang dilakukan pihak RW itu bisa kita katakan pungli karena tidak didasari perda”, Pungkasnya.(DE)

 

Author

Related Articles

Back to Top