Waduh Masih Banyak Desa Belum Serahkan SPJ

Utama

haris

BANGKO- Memasuki triwulan pertama tahun 2016, ternyata masih ada 51 Desa belum menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD).

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Merangin dihadapan seluruh Kepala Desa atau Pj Kepala Desa se Kabupaten Merangin Rabu (6/4) saat pembukaan sosialisasi Transfer Dana dan Dana Desa di Ruang Pola 1 Kantor Bupati Merangin.

 

Al Haris menegaskan, kalau sebelum proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), semua SPJ tersebut harus segera diserahkan ke BPMPD. Karena ini menyangkut pertanggungjawaban Kepala Desa yang lama, kepada Kepala Desa yang baru nantinya.

 

“Kalau Kepala Desa belum juga menyerahkan SPJ, hingga proses pelantikan Kepala Desa yang baru nanti, siapa lagi yang membuatnya, iya kalau hubungan antara Kepala Desa yang lama dengan yang baru nanti baik, kalau tidak, ini bisa menjerat Kepala Desa yang lama,” ungkap Al Haris.

 

Al Haris juga merincikan, 51 Desa yang belum menyerahkan SPJ nya ke BPMPD, diantaranya, Desa Mudo Kecamatan Bangko, kemudian Desa Telun Kecamatan Nalo Tantan, Desa Kandang dan Desa Koto Rayo Kecamatan Tabir, Desa Sungai Pinang, Desa Pelipan, Desa Bukit Batu, dan Desa Gelanggang Kecamatan Sungai Manau.

 

Desa Lubuk Birah, Desa Lubuk Beringin, Desa Tiaro, Desa Pulau Raman, Desa Sepantai Renah, dan Desa Siau Kecamatan Muara Siau, Desa Renah Kemumu, Desa Tanjung Kasri, Desa Lubuk Mentilin, dan Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat, Desa Tanjung Gedang, Desa Empang Benao, Desa Muaro Belengo, dan Desa Pematang Kancil Kecamatan Pamenang.

 

Desa Muaro Jernih, Desa Pulau Aro, Desa Muaro Seketuk Kecamatan Tabir Ulu, Desa Nilo Dingin, Desa Tanjung Berugo, Desa Koto Rami, Desa Rancan, Desa Muaro Kelukup, Desa Talang Paruh Kecamatan Lembah Masurai, Desa Sungai Bulian dan Desa Bukit Subur Kecamatan Tabir Timur, Desa Pulau Rengas, Desa Bukit Beringin Kecamatan Bangko Barat, Desa Karang Anyar, Desa Pinang Merah dan Desa Papit Kecamatan Pamenang Barat.

 

Desa Tambang Besi Kecamatan Batang Masumai, Desa Muaro Panco Timur Kecamatan Renah Pembarap, Desa Air Batu, Desa Rejo Sari, dan Desa Kota Raja Kecamatan Tabir Ilir, Desa Kampung Limo dan Desa Birun Kecamatan Pangkalan Jambu, dan terakhir Desa Pulau Bayur Kecamatan Pamenang Selatan.

 

“Inilah 51 Desa yang belum menyerahkan SPJ nya, jadi saya harap ini segera diselesaikan secepat mungkin,” jelasnya.

 

“Dan Desa-Desa yang sudah, itu ada di beberapa Kecamatan seperti, Kecamatan Margo Tabir, Tabir Selatan, Tabir Barat, Tabir Lintas, Renah Pamenang dan Jangkat Timur, ini saya apresiasi bagi yang sudah,” tambahnya.

 

Walaupun sudah diserahkan, SPJ yang telah dibuat tersebut juga harus melalui proses verifikasi, jika memang ada temuan, maka Kepala Desa harus mempertanggungjawabkannya.

 

“Kita sudah ada tim audit, kalau memang ada temuan, itu tanggung jawab masing-masing Kepala Desa, “ ujarnya.

 

Untuk itu, Al Haris berharap proses Pilkades yang akan berlangsung nanti, semua permasalahan sudah selesai, dan dapat berlangsung dengan aman.

 

“Semoga dalam ajang Pilkades nanti, semuanya dapat berlangsung aman dan lancar, tidak ada kendala,” pungkasnya.

 

(Dep)

Author

Related Articles

Back to Top