Wabup Tanam Jagung di SPMA Merangin

Pemerintahan

Wabup Merangin H A Khafid Moein menanam jagung di SPMA   Titian Teras Merangin

Bangko-Usai memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri I Merangin Senin (4/4), Wabup H A Khafid Moein langsung bertolak ke Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA).

 

Di sekolah yang berada di Desa Titian Teras Kecamatan Batang Masumai tersebut Wabup tidak memantau UNBK, tapi menanam jagung. ‘’Sekolah ini memiliki kebun yang luas, hari ini kita tanam jagung,’’ ujar Wabup.

 

Usai dilakukan acara penyambutan, bupati langsung menuju ke kebun yang berada di bagian belakang perkarangan sekolah pertanian tersebut. Menggunakan tongkat yang ujungnya ditajamkan, Wabup membuat lubang untuk benih jagung.

 

Membuat lubang dengan tongkat itu, tidak dilakukan sendiri oleh Wabup, tapi diikuti pejabat kecamatan dan desa yang hadir. ‘’Biasanya menanam jagung ini sambil mendendangkan lagu, seperti adat di desa-desa kita,’’ terang Wabup.

 

Sebelumnya Wabup, sempat mencoba mengendarai mesin tanam jagung hasil inovasi guru SPMA. Mesin bertenaga diesel itu, dirancang sedemikian rupa, sehingga bisa menanam jagung dengan jarak yang ditentukan.

 

Mesin tanam jagung tersebut beroda empat, dua roda depan berfungsi sebagai cangkul dan dua roda belakang sebagai jarak tanam penabur benih. ‘’Mesin ini perlu dikembangkan, untuk mempermudah menanam jagung,’’ pinta Wabup.

 

Di kebun sekolah itu, Wabup sempat memantau pengelolaan kompos dari jerami jagung yang dibusukan. Wabup juga menyaksikan kreasi tanaman lainnya seperti, tomat, melon dan aneka sayuran.

 

(teguh/humas)

Author

Related Articles

Back to Top