Wabup Minta Atribut Satpol PP Lengkap

Wabup Minta Atribut Satpol PP Lengkap

Pemerintahan

wabup-merangin-h-a-khafid-moein-saat-memeriksa-kelengkapan-seragam-satpol-pp

BANGKO-Anggota Satpol PP Kabupaten Merangin banyak tidak memakai label nama pada kelengkapan seragamnya. Hal tersebut ditemukan Wakil Bupati (Wabup) Merangin H A Khafid Moein, saat memeriksa barisan Satpol PP pada apel luar biasa kemarin (9/12).

Pada apel yang berlangsung di halaman depan Kantor Bupati Merangin tersebut, Wabup memeriksa seluruh kelangkapan atribut pakaian para anggota Satpol PP dengan penuh kecermatan.

‘’Meskinya disaat apel luar biasa seperti ini, seluruh atribut seragam kebesaran Satpol PP yang dipakai itu harus kengkap, tanpa kurang satupun. Tidak sempurna dilihat apabila salah satu atributnya kurang,’’ujar Wabup.

Diakui Wabup, banyak berbagai permasalahan yang saat dihadapi Satpol PP. Diantaranya kurannya kemampuan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Satpol PP itu sendiri.

Belum optimalnya koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah, terkait dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Selain itu, masih minimnya anggaran untuk pelaksanaan program.

‘’Saya juga melihat kurannya disiplin pegawai dalam menjalankan tugas, baik pegawai negerinya maupun pegawai tidak tetap, terutama yang bertugas di kecamatan karena belum terkoordinir dengan baik,’’terang Wabup.

Lebih lanjut ditegaskan wabup, Satpol PP mempunyai tugas dan fungsi yang jelas. Tugas Satpol PP Merangin adalah menyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman masyarakat, perlindungan masyarakat dan penegakan peraturan daerah (Perda) dan peraturan bupati.

Sedangkan fungsi Satpol PP Merangin adalah sebagai pelaksana kebijakan penegakan (Perda) dan peraturan kepala daerah. Pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Disamping itu, pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat, pelaksanaan koordinasi penegakan Perda dan peraturan bupati serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengan kepolisian RI, penyidik PNS dan aturan lainnya.

Satpol PP terang wabup, juga melakukan pengawasan terhadap masyarakat, aparatur atau badan hukum agar mematuhi dan mentaati penegakan Perda dan peraturan bupati. Satpol PP juga melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

 

Laporan : Teguh

Editor     : AGH

 

Author

Related Articles

Back to Top