Di duga Warga Keturunan Cina Garap Sawah Warga Untuk PETI

MERANGIN-Masih merajalelanya aktifitas Penambangan Emas Tampa Izin (PETI) terus terjadi di Kabupaten Merangin, kali ini merambah di  wilayah Bukit Canai Desa Mampun, Kelurahan Mampun Tabir Induk, Kabupaten Merangin,Dan puluhan mesin dompeng setiap harinya mengeruk butiran emas di sawah milik warga.

Lebih mirisnya lagi yang melakukan aktifitas PETI di sawah,Yang juga merupakan dari program cetak sawah Adalah  oknum warga keturunan Cina yang telah lama bermukim di Tabir,Anehnya aparat keamanan terkesan tutup mata

” orang yang punya dompeng disitu pengusaha dan ada dua orang keturunan cina  inisialnya  ENdan SN mereka itu juga beli emas,” Jelas PY warga setempat yang meminta nama diinisialkan saja.

PY juga mengatakan bahwa sawah yang di garap untuk laham dompeng,Merupakan bagian dari program cetak sawah dari pemerintah pusat.

” masalahnya sekarang lokasi yang didompeng itu milik warga, dan tidak bisa ditanam padi lagi lah rusak,apalagi sawah yang digarap program pemerintah pusat,Dan sekitar 6 Ha lebih sudah tidak bisa di gunakan lagi” Ujarnya Lagi.

Padahal aktifitas Peti sudah ada  sekitar dua atau tiga tahun  dibukit Canai, namun tidak ada tindakan dari aparat.

” warga kesulitan, dulu sudah dilaporkan kekelurahan namun tidak direspon, miris aparat juga tidak bertindak,” katanya. 

Terpisah Kapolsek Tabir AKP Suhendri mengatakan bahwa pihaknya bersama aparat TNI,Sudah sering menghimbau agar tidak ada lagi PETI di lokasi sawah warga.

“Kita sudah pernah turun bersama TNI dan menghimbau agar tidak ada lagi PETI di sana,”Tegas Kapolsek Tabir.

Laporan (ble)

Updated: 14 Juni 2019 — 11:54