Usai Bakar Peti, Api Hanguskan Lahan Warga

Usai Bakar Peti, Api Hanguskan Lahan Warga

Peristiwa

MERANGIN– Akibat razia pol Pp yang membakar dompeng di wilayah kampung VIII kecamatan margo tabir sekitar pukul 12.30 WIB, lahan karet milik Tulus (54) dan Sugio (40) Warga kampung Tujuh Seluas dua Hektar  hangus terbakar.

Akibat kejadian tersebut warga harus merugi puluhan juta rupiah,bahkan hingga berita ini di tulis api masih terus berkobar di lahan milik warga.

Dari data yang di dapatkan di lokasi  menyebutkan bahwa sebelum terjadinya kebakaran,ada puluhan anggota sat pol pp merangin,melakukan razia terhadap keberadaan aktifitas Tambang emas ilegal,(dompeng).

Puluhan petugas yang melihat ada dompeng,langsung turun ke lokasi,pekerja yang mengatahui ada pol pp langsung kabur meninggalkan alatnya.

Petugas yang datang langsung membakar dompeng,dengan menggunakan Minyak Jenis solar yang berada dekat mesin dompeng,dan sekitar tujuh dompeng yang ada hanya tiga yang di bakar petugas.

Usai membakar puluhan petugas pol pp langsung meninggalkan lokasi,sementara api masih berkobar tak jauh dari mesin yang di bakar,kebun sawit warga baru di bersihkan dan api dengan cepat membakar kebun milik warga.

Warga yang mengetahui kebunnya terbakar,langsung berdatangan dan berusaha memadamkan api namun karena tiupan angin begitu kencang api tidak dapat di padamkan.

” saya baru tau jika kebun saya terbakar,akibat ulah pol pp yang membakar dompeng dan apinya langsung membakar kebun saya” jelas Tulus,Minggu(14/8).

Bahkan karet unggul bantuan pemerintah langsung banyak yang terbakar,dan di pastikan mati.

” saya tidak terima sebab kebun ini saya tangani karet juga dari bantuan pemerintah,dan saya akan tuntut yang bakar lahan saya,dnegan kejadian ini saya merugi” kesalnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Sugio,pemilih lahan sawit yang ikut terbakar,dirinya akan melaporkan kepada pihak yang berwajib sebab lahannya di bakar dnegan sengaja.

” saya akan laporkan ke pihak berwajib,sebab kebun sawit saya ikut terbakar,jika memang pol pp bakar dompeng silahkan,tapi jangan sampai kami yang di rugikan” tegas Sugio.

Bahkan lahan sawit yang terbakar,rata rata ada yang sudah panen dan ada juga yang hampir panen.

” harus ada yang bertangung jawab,sebab ini di sengaja apalagi banyak warga dan pekerja dompeng melihat pol pp membakar dompeng yang dekat dengan kebun warga,saya akan tuntut” pungkasnya

Sementara itu Arbianto kasi trantip pol pp merangin,yang di hubungi mengakui dirinya memimpin langsung operasi tersebut.

” memang kami turun sekitar 15 orang personil,dan kami bakar beberapa mesin dompeng,tapi setelah aman baru kami tinggalkan,tapi entahlah kalau ada oknum yang membakar,” tandasnya.

Sementara itu dalam kebakaran kemarin,Babinsa kampung VIII bersama anggota koramil rantau panjang turun ke lokasi,dan satu unit mon damkar juga ikut memadamkan api.

 

( agh)

Author

Related Articles

Back to Top