Targetkan Swasembada, DPTPH Maksimalkan Program Opsus Pajalai

Advertorial
romusdar
MERANGIN – Operasi khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Opsus-Pajalai) merupakan program unggulan yang diusung Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk meningkatkan kapasitas produksi pada sektor pertanian tahun ini.
 
Kepala Dinas Pertanian,Tanaman Pangan dan Holtikultura, Romusdar menjelaskan untuk Opsus Pajalai tahap awal masih berfokus pada tanaman  padi.
 
”Ada beberapa daerah yang telah ditentukan sebagai upaya peningkatan luas tanam padi dan jumlah panen. Tahun ini kita mendapat 750 hektar cetak sawah baru untuk lahan penanaman padi,” jelasnya.
 romusdar2
Disinggung soal pencapaian pada sektor pertanian padi, Romusdar menargetkan Kabupaten Merangin bisa swasembada beras. Dengan catatan, para petani giat dalam melakukan pengelolaan sawah.
 
“Kami menargetkan Merangin bisa swasembada beras. Kami berharap para petani sejahtera dan masyarakat bisa mencicipi beras hasil masyarakat Merangin sendiri. Untuk mencapai itu, petani kita harus giat merawat tanaman pertanian agar tidak terhindar hama dan hasilnya memuaskan. Selain itu, kita harapkan kondisi alam berpihak. Sebab, pengalaman tahun lalu banyak sawah masyarakat yang kekeringan dengan kemarau panjang,” bebernya.
 
Kata Romusdar, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan agar masyarakat yang mendapatkan bantuan cetak sawah dapat memiliki tambahan wawasan tentang pengelolaan sawah.
 
“Sebelum cetak sawah kita terlebih dahulu terjun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan. Tujuanya adalah memberikan pemahaman kepada petani dalam pengelolaan sawah agar hasil pertanian mereka memuaskan,” pungkasnya.
 
Seputarmerangin: adv/DZA

Author

Related Articles

Back to Top