Tampung Aspirasi Masyarakat,Bupati Bakal Nginap Di Desa

Tampung Aspirasi Masyarakat,Bupati Bakal Nginap Di Desa

Pemerintahan

bupati-merangin-h-al-haris-turun-memantau-kondisi-pedesaan

BANGKO-Guna menampung berbagai aspirasi masyarakat di pedesaan, Bupati Merangin H Al Haris meluncurkan program  Perjalanan Pejabat Tidur di Desa/Dusun (Pertisun).

Program tersebut dibagi dalam tiga rombongan kerja, rombongan bupati, wakil bupati dan sekda Merangin. ‘’Selain untuk menampung aspirasi masyarakat, Pertisun juga untuk mendekatkan diri para pejabat dengan masyarakat,’’ujar Bupati.

Sebab setiap kali bupati, wabup dan sekda turun dan bermalam di pedesaan didampingi para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Merangin.

Para pejabat itu akan bersama-sama turun bermalam di desa maupun di dusun terpencil sekalipun. Melalui program Pertisun ini, para pejabat bisa langsung mendengarkan aspirasi masyarakat dan mengetahui langsung kondisi yang terjadi.

Berbagai temuan dan aspirasi dari masyarakat pedesaan itu, bisa diprogramkan dalam rencana pembangunan. Sehingga apa saja yang akan dibangun dan dibuat menjadi tepat sasaran.

Selain melayani masyarakat secara langsung, bupati dalam kesempatan itu bisa mengetahui kondisi nyata penyangkut pelayanan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Laporan lisan dari para pimpinan SKPD maupun aparat desa ke bupati, bisa diuji melalui wawancara langsung bupati dengan masyarakat dalam setiap kesempatan program Pertisun.

Terkait hal itu bupati telah menekankan kepada semua aparat penyelenggara pemerintah kabupaten sampai tingkat desa, agar tampil memberikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk kesejahteraan.

Melalui progran itu, bupati berharap kedekatan yang terjadi antara pejabat dengan masyarakat, akan semakin menyadari kalau pejabat itu ternyata pelayan masyarkat.

Dengan demikian lanjut bupati, program pembangunan dari desa ke kota yang diprogramkan tidak hanya menjadi catatan diatas meja saja, tanpa tahu langsung kondisi masyarakat di pedesaan.

‘’Pertisun ini adalah solusinya, dimana nanti saya maupun Pak Wabup dan Pak Sekda bersama para pimpinan SKPD turun langsung bersama ke desa dan menginap di desa dan dusun terisolir sekalipun,’’terang Bupati.

 

Laporan : Teguh

Editor     : AGH

 

 

 

 

Author

Related Articles

Back to Top