Sekda: Limbah dan Sampah Jangan Cemari Lingkungan

Sekda: Limbah dan Sampah Jangan Cemari Lingkungan

Pemerintahan

BANGKO-Keberadaan air limbah dari sejumlah perusahaan dan sampah dari rumah tangga, jangan sampai mencemari lingkungan. Untuk itu, air limbah dan sampah tersebut harus dikelola dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Sekda Merangin H Sibawaihi saat membuka acara Fokus Group Discussion (FGD) yang digelar di Aula Badan Kesbangpol Merangin pada Selasa (6/9).

‘’Untuk mengelola air limbah dan sampah dengan baik, tentu dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai. Untuk itu melalui acara FGD ini, nanti dapat menganalisis pola pengelolaan air limbah dan sampah yang baik,’’ujar Sekda.

Selain itu, acara yang diikuti utusan dari Kabupaten Merangin, Batanghari dan Sarolangun tersebut, juga dibarapkan bisa terbentuknya Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Bidang Prasarana Lingkungan Permukiman (PLP).

Sekda mengaku sangat memberikan apresiasi digelarnya acara tersebut, apalagi Kabupaten Merangin dipilih sebagai tuan rumah, sehingga berbagai permasalahan air limbah dan sampah dapat terpecahkan dengan baik.

‘’Kegiatan ini penting, karena dirancang untuk mendukung kelompok kerja (Pokja) Provinsi Jambi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas kelembagaan pengelola bidang PLP, khususnya sektor air limbah dan sampah,’’terang Sekda.

Dalam menjalankan pelayanan publik  yang diberikan kepada masyarakat lanjut Sekd, sangat tergantung pada kemampuan lembaga pengelola serta sumber daya manusia yang menanganinya.

Hal ini agar infrastruktur sanitasi yang telah dibangun di daerah dapat berfungsi sebagai mestinya. ‘’Melalui acara ini nantinya juga bisa mengidentifikasi kebutuhan standar operasional prosedur (SOP),’’harap Sekda.

Acara yang menjadi agenda tahunan Bidang PLP itu, dihadiri Kepala sektor pengembangan sistem penyerapan lingkungan pemukiman PSP LP Provinsi Jambi, Asisten I Setda Sarolangun, Sekretaris BPKAD Batanghari dan pejabat lainnya.

 

(agh)

Author

Related Articles

Back to Top