Ribuan Mustahik Terima Santunan

Utama

P_20160609_101207_HDR

SAROLANGUN-Ribuan anak yatim dan duafa fan mustahik  yang berada di kabupaten sarolangun, kemarin (9/6) bertempat di masjid  al sulthon yang jadi kebanggaan masyarakat sarolangun, dilakukan pembagian santunan bagi anak yatim dan duafa.

Dan pendistribusian zakat dilakukan oleh badan amuk zakat daerah (Bazda) sarolangun, untuk tahun 2016 dilakukan pada awal puasa.

Sebanyak 2300 penerima zakat, yang di bagikan untuk lima kecamatan, dan jumlah pendapatan setiap tahunya yang di ambil berasal dari PNS sarolangun setiap tahun terkumpul sama baznas kabupaten sarolangun sebanyak Rp 3 M.

“Ada sebanyak 2300 orang penerima zakat yang di ambil dari baznas sarolangun, dan uang tersebut merupakan hasil dari zakat PNS sarolangun,” jelas ketua Baznas sarolangun Ustadz Luzai.

Sementara itu Bupati sarolangun H Cek Endra, mengatakan bahwa zakat yang di kumpulkan melalui zakat dari pengawal pemda, setiap bulannya bisa terkumpul sebesar 300 juta .

“Awal tahun 2006 kota baru bisa mengumpulkan zakat setiap bulannya 26 juta, tapi untuk saat ini setiap bulannya bisa mencapai 300 juta uang zakat,” kata Bupati.

Sejumlah dana zakat yang terkumpul setiap tahun akan bisa meningkat jika setiap pegawai negeri zakatnya bisa di potong langsung melalui Bank.

“Tahun depan kita  akan tingkatkan pendapatan zakat kita, dan jika para pegawai kita langsung di potong zakatnya melalui Bank, maka setiap tahun akan terkumpul dana zakat  sebesar Rp 4 M,” katanya.

Program zakat bukan hanya menjadi kewajiban semata, tapi bisa juga bisa di manfaatkan untuk modal usaha.

” jika dana zakat kita terkumpul lebih banyak, maka bisa saja kita olah untuk memberi modal kepada masyarakat kita, dan yang jelas dana milik umat harus bermanfaat bagi umat juga,” tegasnya.

Dan salah satu untuk meningkatkan pendapatan zakat, pemkab sarolangun akan menghimbau kepada para pengusaha dan perusahaan untuk terlibat pada pengumpulan zakat.

” para pengusaha dan juga perusahaan agar bisa terlibat dalam berzakat, sehingga makin banyak masyarakat yang terbantu dengan kita mengeluarkan zakat,” tandasnya.

 

(dian)

Author

Related Articles

Back to Top