Jalan Provinsi Longsor, Ini Kata BPBD Sarolangun

 SAROLANGUN – Diguyur hujan pada Kamis (8/3) malam, jalan poros di liter S sekitar enam kilo dari desa di Batang Asai longsor. Akibatnya, separuh badan jalan beton runtuh. Jalan tersebut menjadi akses utama warga di Kecamatan Cermin Nan Gedang menuju Batang Asai. 

Kepala Pelaksana BPBD Sarolangun,  Mulyadi mengaku telah mendapatkan kabar jalan yang longsor di Desa Bukit Rayo, Batang Asai. “Kita mendapatkan informasi bahwa jalan di Batang Asai, tepatnya di Desa Bukit Rayo terjadi longsor setengah badan jalan lebih kurang 15 meter,” katanya, Jumat (9/3).

Menurut Mulyadi, longsornya jalan tersebut akibat tingginya intensitas hujan di wilayah hulu saat ini. Katanya, pihak BPBD Sarolangun akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Sarolangun untuk mengatasi masalah longsor tersebut. “Karena kami sendiri tidak punya peralatan,. Yang jelas Dinas PU akan mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu,” ujarnya.

Dirinya, mengaku telah menugaskan anggota dari bidang RR untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan, dan memberi peringatan pada pengguna jalan terutama warga Batang Asai agar lebih berhati-hati.  “Karena kemungkinan, bakal terjadi lagi (longsor) ditempat yang sama, diwaktu terjadi hujan yang cukup tinggi,” kata Mulyadi.

Ia pun menjelaskan, bahwa longsor yang terjadi bukan karena intensitas hujan yang turun pada Kamis kemarin yang tinggi, tetapi juga kondisi tebing yang curam, sehingga rawan longsor saat musim hujan seperti saat ini.

“Seperti kita ketahui jalan di Batang Asai pada umumnya kan ditebing sehingga kemungkinan-kemungkinan itu bisa saja terjadi, tapi yang jelas kami prediksi (longsor) di sekitar tebing itu, ” katanya.

Laporan  : (Ble)

Edt   : yy

Updated: 9 Maret 2018 — 19:31
© 2016-2018, seputarmerangin.com Frontier Theme
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: