Akibat Tower SUTT Roboh, Listrik di Kerinci-Sungai Penuh Belum Normal

Kerinci-Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Jambi sejak sabtu (09/03/2019) pukul 08.00 WIB gelap gulita karena listrik mati total, Hal ini dikarenakan Tower Saluran Udara Tingkat Tinggi atau SUTT di Perbukitan Desa Muara Emat Kabupaten Kerinci roboh tertimpa kayu besar akibat longsor di wilayah tersebut pada Jumat, 8 Maret 2019. Imbasnya, listrik sebagian wilayah di dua kabupaten, yakni Kerinci dan Kota Sungai Penuh padam.
Informasi yang dihimpun, tower SUTT itu roboh pada sabtu lalu. Dampaknya, mengganggu arus listrik di sebagian wilayah di dua kabupaten. Bahkan sampai Senin (11/3/2019) malam ini, listrik di wilayah terdampak juga belum menyala.
TAndi, Manajer Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Sungai Penuh mengakui gangguan Transmisi Bangko-Sungai Penuh masih dilakukan penelusuran oleh PLN UIP UPT Jambi untuk memastikan penyebab gangguannya.
“Ya, penyebabnya karena gangguan transmisi di mana ada 2 tower rusak berat, 1 tower roboh, lokasinya di Muara Emat” jelasnya Senin, 11 maret 2019.
Untuk antisipasi sementara, kata Andi, akan dibangun 4 tower ERS untuk penanganan gangguan arus listrik tersebut. “Ini sifatnya sementara hingga gangguan transmisi bisa kita atasi. Kita secepatnya berupa menormalkan arus listrik yang menyuplai di Kerinci dan Sungaipenuh”pungkasnya.

Laporan (Abimayu)

Updated: 11 Maret 2019 — 21:11