Penundaan DAU Berkurang

Penundaan DAU Berkurang

Pemerintahan

unduhan

BANGKO-Penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Merangin, sebesar Rp 79,2 Miliar berkurang. Pemerintah pusat memastikan separoh dari jumlah tersebut menjelang akhir tahun anggaran ditransferkan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Merangin, Amir Ahmad. Amir mengatakan separohnya lagi akan ditransfer pemerintah pusat tahun depan.

“Ya memang itu sudah dipastikan dibayarkan tapi separohnya tahun ini yaitu untuk bulan November dan Desember. Sisanya itu ditransferkan tahun depan,” ungkap Amir.

Dijelaskan Amir, saat ini bahkan untuk bulan November yaitu sebesar Rp 19,8 Miliar sudah berada di kas daerah (Kasda), untuk bulan Desember menyusul.

“Jadi yang ditransferkan tahun ini bulan untuk November dan Desember totalnya Rp 39,6 Miliar. Untuk bulan September dan Oktober juga 39,6 Miliar tahun depan. Totalnya kan yang ditunda Rp 79,2 Miliar,” jelasnya.

Dengan demikian ditegaskan Amir, mulai sekrang kegiatan disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kembali berjalan normal seperti biasanya.

“Jadi ya kembali normal lagi seperti biasanya sampai akhir Desember kegiatan-kegiatan di SKPD,” ujarnya.

Meski demikian ditegaskan Amir, dengan berkurangnya penundaan dan kembali normalnya anggaran Pemerintah daerah tersebut, perlu pengkajian ulang anggaran.

Pasalnya, perlunya pengkajian ulang dikarenakan sebelumnya sudah dilakukan pemangkasan kegiatan-kegiatan disetiap SKPD sebesar 15 persen.

“Jadi ya harus mengkaji ulang lagi anggaran yang ada, karena sebelumnya sudah dilakukan penundaan kegiatan-kegiatan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, penundaan DAU Kabupaten Merangin, sebesar Rp 79,2 Miliar sebelumnya diduga disebabkan karena rendahnya serapan anggaran Pemerintah daerah.

Laporan : Rhisky

Editor    : AGH

Author

Related Articles

Back to Top