Penderita Radang Sendi, Hindari Makanan Ini

Kesehatan

sendi

Jakarta Ketika persendian terasa kaku atau membengkak, kondisi tersebut dapat menghalangi aktivitas sehari-hari.

Menurut data Centers for Disease Control and Prevention, sekitar satu dari lima orang dewasa di Amerika terdiagnosis arthritis atau radang sendi. Hingga saat ini belum ada pengobatan pasti untuk meredakan sakit pada sendi. Namun dengan menghindari konsumsi beberapa makanan diyakini dapat menghindari rasa sakit berlebih.

1. Tomat

Para peneliti melakukan survei kepada 2.051 orang yang merasakan sakit pada sendinya. Sebanyak 20 persen di antaranya melaporkan pengonsumsian tomat diduga sebagai pemicu terbesar rasa sakit pada sendi. 

Hal tersebut terjadi karena kandungan pada tomat mengakibatkan kadar asam urat yang berlebih pada darah manusia, sedangkan asam urat menjadi penyebab utama dari nyeri sendi. Para peneliti mengatakan mengurangi konsumsi tomat dapat mengurangi kadar asam urat pada tubuh.

2. Jagung, kedelai, kenari, dan minyak zaitun

Kacang-kacangan dan minyak zaitun mengandung asam lemak yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan masalah asma, penyakit jantung, dan peradangan pada tubuh juga arthritis.

3. Soda

Kadar gula pada soda berisiko diabetes dan penyakit jantung. American Journal of Clinical Nutrition menganalisa data dari dua penelitian dan menemukan hubungan antara mengonsumsi soda dengan risiko arthritis. Wanita yang meminum segelas soda sehari memiliki 63 persen risiko lebih besar dibandingkan wanita yang tidak meminum soda sama sekali.

 

Sumber: liputan6.com

Author

Related Articles

Back to Top