Pemkab Sampaikan Tujuh Ranperda 2016 ke Dewan

Advertorial

Bupati Merangin H Al Haris sampaikan tujuh Raperda ke    Dewan

MERANGIN – Bupati Merangin H Al Haris kemarin (18/1) menyampaikan tujuh rancangan peraturan daerah (Ranperda) 2016 ke Dewan. Ranperda itu disampaikan bupati pada rapat paripurna masa persidangan satu bagian pertama tahun 2016 di Gedung DPRD Merangin.

Ketujuh Ranperda itu, Ranperda Kabupaten Merangin tentang produk hukum daerah, Ranperda Kabupaten Merangin tentang kawasan tanpa asap rokok, Ranperda Kabupaten Merangin tentang ketentraman dan ketertiban umum.

Selain itu, Ranperda Kabupaten Merangin tentang susunan organisasi dan tata kerja sekretariat daerah Kabupaten Merangin dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Merangin.

Tidak hanya itu, ada Ranperda Kabupaten Merangin tentang struktur organisasi dan tata kerja Polisi Pamong Praja, Ranperda Kabupaten Merangin tentang hari lahirnya Kabupaten Merangin.

Bupati juga menyampaikan  Ranperda Kabupaten Merangin tentang pedoman dan tata cara pengelolaan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, badan pemusyawarahan desa dan perangkat desa.

‘’Semua produk hukum yang dibutuhkan secara beransur kita ajukan ke Dewan, termasuk produk hukum tentang asap rokok sekalipun. Mudah-mudahan dengan lahirnya produk hukum itu daerah kita akan semakin tertib,’’ujar Bupati.

Mengapa orang dilarang merokok di sembarang tempat? Dijelaskan bupati kalau kesehatan merupakan hak fundamental setiap warga. Setiap individu, keluarga dan masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya.

Selain itu pemerintah bertanggungjawab mengatur agar masyarakat terpenuhi hak hidup sehatnya. Dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memenuhi hak atas lingkungan yang sehat itulah, pemerintah wajib melindungi warga dari asap rokok.

‘’Untuk mendorong kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya rokok, perlu pengaturan kawasan tanpa asap rokok di Kabupaten Merangin,’’terang bupati pada yang dihadiri Sekda Merangin H Sibawaihi dan Forkopimda Merangin tersebut.

Apa saja yang akan diatur terkait larangan merokok di sembarang tempat itu? Materi pokok yang akan diatur tegas bupati adalah, semua hal yang menyangkut ketertiban umum, mulai dari ruang lingkup, jenis ketertiban umum, pelaksanaan operasional penertiban.

Disamping itu juga pertisipasi masyarakat, pembinaan dan pengawasan, ketentuan penyidikan dan ketentuan pidana yang memberikan sanksi terhadap pelanggar ketertiban umum.

Seputarmerangin: humas

Author

Related Articles

Back to Top