Pemkab Merangin Peringati Hari Pahlawan

Pemkab Merangin Peringati Hari Pahlawan

Pemerintahan

bupati-merangin-h-al-haris-jadi-inspektur-upacara-hari-pahlawan

BANGKO-Peringatan hari Pahlawan di Kabupaten Merangin kemarin (10/12), berlangsung khidmat. Ada dua acara yang digelar pada momentum bertajuk ‘Jadilah pahlawan masakini yang memiliki keperdulian terhadap sesama’ tersebut.

Pertama upacara bendera, dipusatkan di halaman depan Kantor Bupati Merangin. Tampil sebagai inspektur upacara yang dihadiri Wabup Merangin H A Khafid Moein, Sekda H Sibawaih dan Forkopimda dan para Veteran itu, Bupati  Merangin H Al Haris.

Pada pidatonya bupati membacakan amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Dikatakan bupati, peringatan hari pahlawan sebagai momen reflektif memberi makna pengorbanan para pahlawan kusuman bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan.

‘’Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan. Persatuan yang bulat dan mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara,’’ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun bagi negeri ini.

Usai upacara bupati menyerahkan bantuan alat berat excapator dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI ke kelompok pembudayaan ikan Mina Tani Muda Desa Mampun Baru Kecamatan Pamenang Barat.

Selain itu sebanyak tujuh kelompok tani ternak sapi dari sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin, diberi Polis Asuransi dari Jasindo. Polis asuransi itu, diberikan kepada masing-masing para ketua kelompok tani ternak tersebut.

Bupati juga menyerahkan 10 sertifikat tanah transmigrasi kepada 10 orang petani yang berada di transmigrasi di Desa Mekar Jaya dan Desa Bungo Tanjung Kecamatan Tabir Selatan.

Acara kedua ziarah nasional peringatan hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti. Tampil sebagai inspektur acara yang juga berlangsung khidmat itu, Kapolres Merangin AKBP Munggaran.

Acara yang dihadiri Bupati Merangin H Al Haris, Wabup H A Khafid Moein, Sekda H Sibawaihi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Merangin H Satar Saleh dan unsur Forkopimda itu, diakhiri dengan tabur bunga.

 

Laporan : Teguh

Editor     : AGH

Author

Related Articles

Back to Top