Pemilik Pasar Malam Hanya Kantongi Izin Lurah

Utama

IMG_0299

BANGKO- Sempat ditutup karena tidak boleh lagi beraktivitas beberapa tahun lalu, pasar malam yang menyediakan permainan bola gelinding ternyata kembali beraktivitas di Kabupaten Merangin. Bahkan kali ini permainan tersebut dilakukan secara terang-terangan di tengah Kota Bangko.

Menurut pantauan Minggu malam (20/3), permainan ini dilakukan di Eks Terminal Kota Bangko. Puluhan orang, baik laki-laki maupun perempuan terlihat antusias mengikuti permainan judi yang diklaim sebagai permainan ketangkasan tersebut.

Mula-mula para pemain memasang koin di papan angka yang terdiri dari 1 hingga 30 tersebut, kemudian bola digelindingkan, oleh seseorang yang telah ditunjuk. Jika bola menyasar ke angka yang dituju maka pemain, akan mendapatkan hadiah berupa rokok, yang dihitung dari jumlah koin.

Pemilik Pasar Malam, Heri, yang dikonfirmasi wartawan mengaku telah mengantongi sejumlah izin, mulai dari izin RT, Pemuda, Tokoh Masyarakat, hingga Lurah, namun Heri mengakui kalau izin dari Camat belum dikantongi, karena ketika mengajukan izin, Camat Bangko sedang tidak ditempat.

“Kalau izin, kami mengantongi dari RT, Pemuda, dan Lurah, tetapi kalau izin dari Camat memang belum saya kantongi,” ungkap Heri.

Ketika ditanyakan perihal Peraturan Bupati (Perbup) nomor 1 tahun 2014 yang telah dilanggarnya, Heri enggan berkomentar lebih jauh, dan hanya mengatakan akan menjelaskan persoalan tersebut.

Wakil Bupati Merangin H Khafied Moein mengaku tidak mengetahui adanya aktivitas pasar malam di Ex Terminal Kota Bangko. Dikatakannya, jika penyedia pasar malam, menyediakan permainan bola gelinding maka telah melanggar Perbup nomor 1 tahun 2014 tentang tata cara hiburan rakyat.

“Kalau ada unsur judinya, maka akan kita cabut izinnya, nanti akan saya kordinasikan dengan Camat ataupun lurahnya,” pungkasnya.

(Nanang)

Author

Related Articles

Back to Top