Pelestarian Wisata Harus Digalakkan

Utama

(4)

JAMBI – Pelestarian objek wisata di Provinsi Jambi perlu ditingkatkan, pasalnya pelestarian yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata selama terkesan hanya sekedar rutinitas tahunan. Terlebih saat ini tampaknya dibawah kepemipinan pasangan Gubernur Zumi Zola dan Fahrori Umar, Pariwisata Jambi semakin naik daun.

Sepertihalnya baru-baru ini dihelatnya event Gerhana Matahari 98 persen dikawasan purbakala Candi Muaro Jambi yang menjadi salah satu Ikon Jambi.

Hal ini terungkap dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Bidang Kebudayan dan Pariwisata Se-Provinsi Jambi tahun 2016 yang digelar dirumah kito.

Pada kegitan Musrenbang bertema “Kita tingkatkan Sinkronisasi dan sinerisitas pelaksanaan program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota” itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Edi Erizon bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan beberapa pembahasan terkait Aset Wisata yang ada di Provinsi Jambi.

“Ada banyak Calender of event yang akan kita bahas terkait pelestarian asset wisata yang ada di Provinsi Jambi, seperti salah satunya Festival Peduli Danau Kerinci yang akan akan diagenda pada September mendatang,”ungkap Edi saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Tak hanya itu, Edi menambahkan Agenda-agenda festival diberbagai asset wisata yang ada di Kabupaten lainya di Provinsi Jambi yang menjadi kegiatan rutinitas tahunan juga akan disiapkan.

“Kegiatan rutinitas tahunan lainnya juga akan kita siapkan,” pungkasnya.

Terpisah, untuk diketehui kelak akan ada agenda pariwisata baru yang bakal mengisi event tahunan tersebut. Merangin Geopark Festival dan Arung Jeram yang sudah masuk dalam kalender 2 Kementrian RI. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin, Jangcik Mohza.

“Ya renacananya kedepan, Merangin Geopark Festival merupakan kalender Kemenpar RI yang akan digelar 14-18 Oktober mendatang, kita berharap dengan kegiatan ini nantinya wisata Jambi akan terus berkembang” tutup Jangcik Mohza singkat.

(Apo)

Author

Related Articles

Back to Top