Pantau Banjir, H Al Haris dan Gubernur Beri Bantuan

Pemerintahan
03. Bupati Merangin H Al Haris menemukan jalan yang   longsong akibat dihantam banjir bandang di Tabir

Bupati Merangin H Al Haris menemukan jalan yang longsong akibat dihantam banjir bandang di Tabir

BANGKO-Bupati Merangin H Al Haris bersama Gubernur Jambi H Zumi Zola Selasa (26/4) memantau banjir bandang dan memberi bantuan kepada para korban banjir di kawasan Tabir.

 

Berdasarkan pantauan bupati, banjir bandang tersebut terparah dalam lima tahun terakhir. Banyak fasilitas umum yang rusak. Jembatan gantung saja ada tiga buah. Yakni di Desa Rantau Ngarau, Tanjung Putus, dan Pulau Terbakar.

 

Belum lagi fasilitas pendidikan serta kesehatan yang juga terkena banjir. Puluhan pondok pesantren putri hanyut dibawa air. Beberapa badan jalan ambles dan longsor dihantam banjir.

 

Di Desa Tanjung Beringin, situasi terlihat sangat kacau. Satu rumah warga bernama Amir Mahmud roboh diterjang kayu besar yang dibawa air. Kayu-kayu dengan berbagai ukuran, tampak memenuhi hampir seluruh wilayah desa.

 

Warga Desa Muara Kibul, Tabir Barat, juga shock. Pasalnya ini merupakan banjir terparah yang pernah terjadi. Sampah kayu dan lumpur memenuhi seluruh bagian desa. Satu unit mobil juga terlihat terguling di tengah pasar desa.

 

Bupati yang turun membawa sejumlah bantuan, mengatakan bantuan yang diberikan hanya bersifat darurat saja, nanti bantuan lain akan menyusul. Bupati telah mengintruksikan kades dan camat untuk melakukan pendataan kerugian banjir secara rinci secepatnya. Berdasar data itulah nanti Pemkab Merangin akan melakukan penanganan yang sifatnya lebih komprehensif.

 

“Saya juga sudah perintahkan Dinas Pendidikan untuk bertindak cepat. Banyak fasilitas pendidikan yang rusak. Banyak anak-anak pakaian seragamnya dan peralatan sekolah hanyut. Diknas nanti akan sediakan gantinya secepat mungkin. Anak-anak harus tetap sekolah,” tegas Haris.

 

Setelah meninjau Tabir Barat dan Tabir Ulu, Haris langsung menuju Tabir Induk dan Tabir Ilir. Pasalnya bupati mendapat laporan bahwa dua kecamatan itu juga mulai tergenang banjir.

 

‘’Air dari Tabir Barat dan Tabir Ulu sekarang sudah mulai menggenangi kawasan Tabir Induk dan Tabir Ilir. Tingginya sudah  satu meter lebih menggenagi rumah warga, untuk itu malam ini akan langsung saya pantau,” terang Bupati.

 

(teguh/humas)

 

Author

Related Articles

Back to Top