Niat Nangkap Narkoba,Polisi Malah Dapat Emas

Niat Nangkap Narkoba,Polisi Malah Dapat Emas

Hukum & Kriminal
Foto: Pelaku saat di periksa Polisi

Foto: Pelaku saat di periksa Polisi

BANGKO- Aparat Kepolisian Polres Merangin kembali Mengamankan Dua Pelaku pembeli emas hasil tambang Ilegal Berini sial RF(20) dan ZS(18) warga Sumatera Barat,penangkapan dua pelaku tersebut di lakukan anggota Sat narkoba Pada Kamis,(29/90 pukul 23.30 wib.

Mulanya Anggota Sat Narkoba medapatkan informasi jika di Desa Mensango,Kecamatan Tabir Lintas ada sebuah rumah sering menjadi tempat trangsaksi narkoba.

Setelah Anggota Meluncur ke lokasi dan langsung menggerbek rumah tersebut serta menggeledahnya,aparat kepolisian tidak menemukan satupun narkoba di rumah tersebut,hanya menemukan dua orang pemuda serta emas hasil tambang emas illegal serta alat untuk pelebur emas.

Usai mendapatkan Emas berserta perlengkapan untuk melebur emas,aparat kepolisian sat narkoba langsung membawa kedua pelaku bersama barang bukti ke Polrer Merangin.

Sesampainya di Polres Merangin,pelaku berserta barang bukti langsung di serehkan ke Sat Reskirm untuk di periksa lebih lanjut.

Untuk barang – barang yang berhasil di amankan anggota kepolsian berupa emas murni seberat 1,6 Ons,uang sebesar Rp 6.912.000,dua buah HP,satu bauah timbangan elektrik,pijar zat campuran sewaktu melebur emas,tempat membakar emas 41 buah.

Dari pengakuan kedua tersangka di ketahui jika dirinya baru melakukan aktifitas membeli emas hasil tambang illegal,dan untuk lokasi pembeliannyapun hanya di wilayah Kecamatan Tabir,Margo Tabir dan tabir Lintas.

Tersangka juga mengakui jika emas tersebut di beli menggunakan uangnya sendiri dan tidak di danai oleh siapapun,usai mebeli emas dari penambang emas tersebutpun di lebur dan di jual ke Kabupaten Bungo.

Kapolres Merangin AKBP Munggaran saat di komfirmasi awak media terkait penangkapan pelaku pembeli emas membenarkan, dan pelaku sudah berada di sel tahanan Polres Merangin.

“Pelaku malam tadi(kemari,Red)kita amankan,mulanya rumah tersebut di curigai sering trangsaksi narkoba,namun setelah di geledah, rupanya tempat pengolahan emas illegal”ungkap AKBP Munggaran,Juma`at(30/9).

Munggaran juga Menuturkan jika pelaku baru pertama kali menjalini bisnis pembelian emas illegal,dan rumahnyapun di jadikan tempat pengolahan emas.

“kedua pelaku baru dalam membeli emas illegal,dan masih kita kembangkan,apakah ada pemodalnya atau pelaku hanya berdua mebeli emas”tutur AKBP Munggaran.

Untuk mempertangung jawabkan perbuatanya pelaku di jerat dengan pasal 161 Udang – undang Nomor 4 tahun 2009 tentang minerba dengan acaman pidana selama 10 tahun.(agh)

Author

Related Articles

Back to Top