Ngaku Bisa Datangkan Uang Gaib, Dukun di Pamenang Diamankan

Peristiwa
1
MERANGIN – Suyanto (54) warga Desa Rejosari, Kecamatan Pamenang mengaku sebagai dukun yang bisa mendatangkan uang secara gaib. Ternyata, pengakuannya itu hanyalah modus penipuan. Suyanto diamankan oleh jajaran Polsek Pamenang lantaran diduga telah menipu Sakir (38), warga Desa Rejo Sari.
 
Kejadian bermula saat Suyanto bertemu dengan korban Sakir warga Kabupaten Tebo di Desa Rejosi. Setelah ngobrol cukup lama, Suyanto akhirnya mengatakan bisa mendatangkan uang dari alam gaib sebesar Rp 300 juta dengan syarat korban harus membayar uang sesajian yang digunakan untuk ritual.
 
Korban pun percaya terhadap Suyanto. Karena korban tidak memiliki uang, korban menyerahkan kendaraan roda dua yang dimilikinya sebagai penganti uang untuk membeli sesajian ritual.
 
Setelah ritual untuk mendatangkan uang dari alam gaib dilakukan, ternyata uang yang dijanjikan Suyanto tudak kunjung datang.
 
Korban kemudian menanyakan sepeda motor yang diserahkan kepada Suyanto. Kata Suyanto, sepeda motor milik korban sudah dijual dengan alasan untuk membeli sesajian ritual. Karena merasa telah ditipu, korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Pamenang.
 
Kapolsek Pamenang AKP Joni Sihombing membenarkan.
 
“Pelaku sudah kita amankan di polsek bersama alat bukti satu buah sepeda motor milik korban serta berbagai jenis alat ritual perdukunan yang di gunakan pelaku,” ungkap AKP Joni, Senin (29/02).
 
“Pelaku mengaku kepada korban bisa mendatangkan uang dari alam gaib dengan syarat korban harus menyerahkan uang ke pada pelaku sebagai syarat ritual,” urai AKP Joni.
 
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku harus medekam di sel tahanan Polsek Pamenang. Kemudian pelaku diancam dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman kurungan penjara selama 4 tahun.
 
 
Seputarmerangin: Maskur

Author

Related Articles

Back to Top