Nalim-Syukur, Zaidan-Isnedi, Masihkah Haris-Khafid? Salam?

Politik, Utama

alharris-khafied

MERANGIN – Jika sebelumnya, seputarmerangin.com hanya menyajikan prediksi calon pesaing bagi Al Haris pada Pilbup 2018 mendatang, kali ini kami menyuguhkan bakal pasangan calon (Paslon) bupati yang oleh pembaca bisa ditakar seberapa besar peta kekuatannya. Siapa saja mereka?

1. Nalim – Syukur (NS)

nalimsyukur

seputarmerangin.com menempatkan bakal paslon Nalim-Syukur diurutan teratas.

Pasalnya, duet kedua calon bupati pada Pilbup 2013 yang lalu ini memang cukup mengagetkan. Fenomenal, begitu kata yang biasa diutarakan.

Banyak pihak yang tidak percaya dengan prediksi duet maut ini. Tapi, itulah politik. Segalanya bisa saja terjadi. Semua itu erat kaitannya dengan kontrak politik yang belum bisa dibeberkan.

Kabar terakhir, Nalim tengah melobi beberapa partai politik. Untuk Pilbup mendatang, agaknya Nalim cukup berhati-hati. Ia tidak bernafsu memborong partai. Cukup melobi beberapa partai saja untuk memenuhi kuota 7 kursi di DPRD Merangin.

Lalu, partai apa sajakah yang tengah Nalim dekati? Diantaranya adalah Partai Nasional Demokrat (4 kursi), Partai Amanat Nasional (3 kursi) dan Partai Keadilan Sejahtera (2 kursi).

Jika memang duet Nalim – Syukur benar-benar terwujud, tidak menutup kemungkinan Syukur akan turut membawa Partai Bulan Bintang (3 kursi).

Berkaca dari Pilbup 2013 lalu, jika dipadukan, perolehan suara Nalim – Syukur mencapai 50 persen.

Nah, apakah duet maut ini akan terwujud? Atau Nalim maupun Syukur memilih maju dengan pasangan lain? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

“Ah, itu hanya isu saja. Belum lah. Kalau dekati partai iya. Tapi secukupnya saja,” singkat Nalim.

2. Zaidan – Isnedi (ZaDi)

Ketua DPRD, Zaidan Ismail-isnedi

Jauh-jauh hari, bakal Paslon ini sudah memproklamirkan diri untuk maju pada Pilbup 2018 mendatang. Duet ketua dan wakil ketua DPRD Merangin ini juga sudah gencar melakukan sosialisasi.

Ribuan kalender telah disebar keseluruh penjuru Merangin. Itu membuktikan bahwa bakal Paslon ZaDi memang serius untuk bertarung pada Pilbup 2018 mendatang.

Menakar dari kekuatan partai pengusung, pasangan ZaDi tak lagi bingung. Komposisi PDIP (4 kursi) dan Gerindra (4 kursi) sudah cukup untuk maju Pilbup.

Hanya saja, pasangan ZaDi belum puas dengan 8 kursi. Duet ini memiliki niat untuk memborong partai. Beberapa partai yang saat ini tengah didekati adalah PKPI (2 kursi), Demokrat (2 kursi) dan PBB (3 kursi). Total ada 15 kursi yang diincar pasangan ZaDi.

“Target kita 15 kursi. Kalau pun tidak terpenuhi, 8 kursi juga sudah cukup,” ungkap Isnedi.

3. Haris – Khafid (Harkad)

alharris-khafied

Banyak pihak yang meragukan pasangan incumben Haris-Khafid (Harkad) akan kembali bertarung pada Pilbup 2018 mendatang. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi yang jelas terkait hal tersebut.

Dihadapan sejumlah wartawan, Al Haris sendiri masih malu-malu untuk menyatakan kembali maju. Haris berdalih bahwa ia masih fokus pada jabatannya sebagai Bupati Merangin hingga 2018.

Alih-alih menghindari isu politik, diam-diam Haris dikabarkan juga sudah melakukan lobi-lobi politik. Diantaranya adalah mengamankan partai Demokrat (2 kursi) dan Golkar (4 kursi). Masih belum memenuhi dukungan 7 kursi parlemen? Tidak menutup kemungkinan Haris juga turut melirik partai yang sedang dilobi oleh Paslon lain atau memilih melobi PPP (3 kursi) dan PKB (1 kursi). Sebaliknya, Khafid lebih memilih diam dan tidak menanggapi pertanyaan seputar politik.

4. Salam – ???

salam

Hingga saat ini, belum ada kabar mengenai siapa calon pendamping salam. Namun, politisi partai Hanura (4 kursi) ini secara gamblang telah memastikan diri untuk maju pada Pilbup 2018.

Ada yang mengkaitkannya dengan Handayani. Sayangnya, Handayani sendiri dikabarkan telah mengangkat bendera putih dan hanya akan mendukung Salam. Kabar lainnya, Handayani justru akan menjadi ketua pemenangan Nalim – Syukur. Artinya, posisi Handayani masih abu-abu.

Tak hanya soal pasangan, gerakan lobi-lobi politik Salam juga belum terlihat. Ia yang saat ini tengah melakukan ibadah umroh masih terbawa oleh euforia kemenangan Zola sebagai Gubernur Jambi.

5. H. M. Chaidir – ???

H. M Chaidir

Ini dia bakal calon yang kemungkinan besar akan maju melalui jalur independen. Banyak yang bertanya-tanya siapakah sosok H. M. Chaidir. Singkat saja, dia adalah pengusaha peralatan olah raga dan biro jasa umroh dan haji. Chaidir pernah menjadi ketua DPD barisan muda PAN dan Sekretaris Partai Gerindra.

Saat ini, Putra Merangin kelahiran Sungai Manau itu mengklaim telah mengumpulkan 51 persen dukungan dari 12 kecamatan. Perlahan tapi pasti, Chaidir terus bergerak mengumpulkan dukungan dari jalur independen.

Soal pendamping, Chaidir mengaku masih melakukan penjajakan. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika Chaidir kemudian dilirik oleh partai politik.

seputarmerangin: GIN

Author

Related Articles

Back to Top