Musrenbang Bahas Usulan dari Desa

Pemerintahan

 

Bupati-Merangin-H-Al-HarisBangko-Bapati Merangin H Al Haris kemarin (22/3) membuka musrenbang tingkat Kabupaten Merangin 2017.

Musrenbang yang berlangsung di Aula Bappeda Merangin itu, diikuti seluruh satuan kerja perangkat daerah di jajaran Pemkab Merangin.

Dikatakan bupati pada acara yang dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Jambi H Fauzi Anshori dan Sekda Merangin H Sibawaihi tersebut, pelaksanaan musrenbang Kabupaten Merangin merupakan salah satu sarana menjaring dan menselaraskan.

‘’Tujuan Musrenbang ini untuk menyelaraskan  urusan kegiatan pelaku pembangunan, baik yang berasal dari masyarakat, pemerintah maupun swasta,’’ ujar Bupati yang hari itu tampil mengenakan seragam lengkap.

Hal tersebut lanjut bupati, sejalan dengan amanat Permendagri nomor 54 tahun 2010, tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Permendagri itu jelas bupati, mengatur tentang mekanisme, tata cara atau aturan main penyusunan perencanaan pembangunan.

Hal ini selaras pula dengan dikeluarkannya peraturan bupati Merangin nomor 56 tahun 2015 tentang penggunaan dan pengelolaan sistem informasi perencanaan pembangunan daerah secara elektronik (E-Musrenbang) Kabupaten Merangin.

Sebelum dilakukannya Musrenbang tersebut, melalui beberapa momen perencanaan telah dilalui, mulai dari Musrenbang desa sampai dengan pelaksanaan Musrenbang DKPD di tingkat kecamatan, telah dihasilkan usulam program dan kegiatan yang cukup banyak.

‘’Melalui Musrembang ini saya minta, semua usulan program dan kegiatan dapat disusun dan dianalisa secara proporsional, guna menghasilkan program dan kegiatan terbaik yang dilaksanakan pada 2017,’’ harap Bupati.

Dengan demikian tegas bupati, setiap kegiatan yang disepakati kiranya mampu menghasilkan keluaran dan hasil sebagiamana yang telah ditetapkan.

Disamping itu juga berimplikasi secara berkelanjutan terhadap peningkatan aktivitas ekonomi skala lokal maupun regional.

Selain itu juga harus mampu menumbuhkannya kreativitas masyarakat, terciptanya lapangan kerja dan kesempatan berusaha. ‘’Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada kepala Bappeda Provinsi Jambi beserta jajarannya atas kehadirannya dalam acara ini,’’ terang Bupati.

 

(teguh/humas)

Author

Related Articles

Back to Top