Musim Hujan Tiba,DBD & Diare Mengancam

Musim Hujan Tiba,DBD & Diare Mengancam

Kesehatan

dbd

BANGKO – Selain Bencana alam, yang mengancam kabupaten Merangin, namun dampak dari datangnya Musim Penghujan juga berpotensi mengancam kesehatan masyarakat.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare, menjadi ancaman serius bagi warga Merangin saat ini. Warga diingatkan untuk dapat menjaga lingkungan agar terhindar dari kedua penyakit musiman ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin, Solahuddin mengkonfirmasi hal tersebut. Menurutnya, dengan tidak menentunya kondisi cuaca saat ini, kedua penyakit tersebut berpotensi besar terjadi

“Ya kalau musim seperti ini itu penyakit demam bedarah dan diare mengancam. Demam berdarah itu kalau musim hujan dan diarea saat musim panas,” ujarnya, Selasa (17/9).

Solahudin mengatakan, warga diminta untuk menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari kedua penyakit tersebut. Ketika musim hujan genangan air menjadi sumber utama penyakit demam berdarah.

“Jadi warga jangan biarkan genangan air ada, walaupun sekecil apapun karena itu sumber  demam berdarah. Begitupun kalau saat panas jaga ketersdiaan air,” pintanya.

Lebih lanjut Solahudin mengatakan, kondisi terkini grafik kedua penyakit tersebut masih normal. Dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, di Kabupaten Merangin belum ada peningkatan jumlah penderita.

“Kalau jumlah pastinya saya tidak hafal. Tapi yang jelas setiap bulan kita terima data grafik penyakit diare ini dari setiap kecamatan, dan nampaknya masih normal,” sebutnya.

“Kalau untuk demam berdarah, sejauh ini belum ada yang terkena penyakit itu. Tapi dengan kedaan cuaca seperti ini kita ingatkan, kemungkinannya bisa terjadi,” sebutnya lagi.

Solahudin menambahkan, melihat kondisi cuaca yang tidak menentu ini, pihak Dinkes sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC). Dimana TRC ini nanti akan siap siaga ketika terjadi bencana alam.

TRC diturunkan ke lokasi untuk membantu warga yang terkena bencana, misalnya banjir dan longsor, begitupun dengan bencana kebakaran.

“Jadi kalau musim hujan kan terjadi banjir dan longsor, begitupun dengan bencana kebarakan. Kita ada tim TRC yang siap membantu kesehatan warga ketika bencan-bencana ini menimpa,” pungkasnya.(agh)

 

Author

Related Articles

Back to Top