Miris, Jembatan Penghubung Usaha Tani Rusak, Pemerintah Tutup Mata

Utama
Jembatan
MERANGIN–  Jembatan gantung usaha tani yang terletak di Desa Sungai Nilau Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin, Jambi ini nyaris hancur total. Padahal jembatan gantung ini merupakan satu-satunya jalur akses masyarakat dari desa menuju ke lahan pertanian sawah mereka, hampir semua masyarakat desa Sungai Nilau melintasi jembatan ini. Namun pasca jembatan tersebut tidak ada perhatian dari pemerintah dan mengalami kerusakan parah, hanya beberapa masyarakat saja yang melintasinya.
Dianggarkan tahun 2012 dari dana ADD  namun karna anggaran kurang, perbaikan hanya tambal sulam, sedangkan tali penggantung sebagian sudah ada yang putus dan menyebabkan jembatan itu miring.
Jembatan Gantung yang dibangun tahun 2002  silam dan memiliki panjang  rentang hampir delapan puluh meter tersebut kondisinya sangat memprihatinkan sejak tiga tahun terakhir dan hingga saat ini belum ada perbaikan. Bahkan yang lebih miris lagi tiang penyangga jembatan itu pun nyaris roboh. Akibat kondisi jembatan yang cukup menakutkan itu, hasil pertanian milik beberapa kelompok tani seperti  Kelompok Usaha Bersama, Usaha Maju dan Kelompok Tani Solok Sungai Rotan sulit dikeluarkan.
Kauri Kepala Desa Sungai Nilau mengatakan bila jembatan ini juga merupakan urat nadi warganya untuk melangsungkan perekonomiannya.
“Jembatan ini sudah rusak sejak 3 tahun yang lalu, kami belum memiliki cukup dana untuk memperbaikinya, jangankan memperbaiki jembatan yang sepanjang ini, untuk membenahi kantor desa kami sendiri saja kami belum mampu. Kami berharap ada bantuan dari pemerintah setempat untuk membantu memperbaiki  jembatan ini sebab jembatan ini merupakan urat nadi perekonomian kami yang hampir semua warga menjadi petani padi sawah,” terangnya.
Bahkan ia mengatakan pernah beberapa kali mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten Merangin namun hingga saat ini tidak kunjung ada respon. Sehingga terpaksa warga melintasi jembatan tersebut dengan diintai maut.
Yadi

Author

Related Articles

Back to Top