Merangin Festival Geopark Batal Digelar

Merangin Festival Geopark Batal Digelar

Warta Desa

geopark-merangin

BANGKO – Rencana pelaksanaan akbar Merangin bfestival geopark dan arung jeram yang akan digelar di Merangin, dipastikan batal digelar tahun 2016. Pasalnya, anggaran yang rencananya akan digelontorkan dari Kementrian Pariwisata senilai Rp 2,9 Miliar untuk pelaksanaan kegiatan tersebut urung didapat.

Batalnya kegiatan itu dibenarkan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Merangin, Jangcik Mohza. Dikatakannya, kegiatan yang mengangkat objek wisata Geopark dan olah raga arung jeram di kawasan Geopark Merangin ini dengan terpaksa dibatalkan untuk tahun ini.

“Surat pembatalan itu sudah kita terima dari Kementrian Pariwisata,” ungkap Jangcik.
Disebutkan Jangcik, pembatalan tersebut bukan diakibatkan Merangin yang tidak siap. Melainkan terkait pengelontoran dana yang bersumber dari APBN Kementrian Pariwisata yang disepakati awal batal terlaksana. Hal ini lantaran terjadinya devisit alokasi anggaran senilai Rp 2,9 Miliar.

“Itu imbasnya, pembatalan sudah kita terima,” sebutnya.

Namun demikian, Jangcik menyebutkan seyogyanya rencana awal pelaksanaan festival geopark ini akan digelar pada 16-18 Oktober 2016. Namun, ungkap Jangcik akibat dari kebatihan pengelolaan keuangan Negara yakni APBN, terpaksa anggaran tersebut batal digelontorkan.

“Dengan sangat terpaksa kegiatan itu ditunda,” kata Jangcik.

Disebutkan Jangcik, pihak Kementrian Pariwisata ternyata tidak serta merta hanya membatalkan pelaksanaan Festival Merangin Geopark ini. Sebab sesuai dengan informaasi yang diperoleh pihaknya, maka event yang mengangkat nama pariwisata Merangin ini tetap akan digelar.

“Sesuai dengan petunjuk, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang. Namun kita sebagai tuan rumah mengajuka dua opsi pelaksanaan kegiatan itu, diantara pada April atau Mei 2017 mendatang,” pungkas Jangcik. (agh)

Author

Related Articles

Back to Top