Merangin Dapat Program Nusantara Sehat

Pemerintahan

tim-nusantara-sehat1-5655e9f6ef9673370c8b45c9

MERANGIN-Kabupaten Merangin mendapatkan program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Hal tersebut dikatakan Bupati Merangin H Al Haris Sabtu (8/5) di Jakarta, setelah melakukan lobi ke tingkat pusat.

 

Dijelaskan bupati, Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes. Program ini penempatan tenaga kesehatan berbasis tim di daerah-daerah terpencil, berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan.

 

‘’Untuk di Kabupaten Merangin para tenaga kesehatan pusat yang berjumlah sekitar 12 orang itu, akan kita tempatkan di kawasan Jangkat. Hal ini karena di Jangkat distribusi tenaga kesehatannya masih sangat terbatas,’’ ujar Bupati.

 

Program ini merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan, mencakup preventif, promotif, dan kuratif dengan melibatkan lima sampai 12 orang tenaga kesehatan, berikut peralatan medisnya.

 

Para tenaga kesehatan yang akan diturunkan itu, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratoriu, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian.

 

‘’Program ini bertujuan menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.  Nanti tim medis ini akan memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining,’’ jelas Bupati.

 

Selain itu lanjut bupati, program yang hanya diperoleh beberapa kabupaten saja di Indonesia ini, juga bertujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan.

 

Program tersebut merupakan program lintas unit utama di Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif, tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita.

 

Diakui bupati, program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). ‘’Tim kesehatan pusat ini akan turun ke Merangin pada bulan ini juga,’’ terang Bupati.

 

Menariknya tim kesehatan pusat ini juga dibekali pemahaman terhadap budaya-budaya lokal, sehingga diharapkan mereka dapat berinteraksi dengan petugas kesehatan setempat dan masyarakat sekitar di daerah penempatan.

 

(teguh/humas)

Author

Related Articles

Back to Top