Melihat Sisi Lain Bripka Suyono,Menyiapkan Masa Pensiun Buka Kebun Sayur

Melihat Sisi Lain Bripka Suyono,Menyiapkan Masa Pensiun Buka Kebun Sayur

Ekonomi & Bisnis

BANGKO-Meskipun sebagai anggota polri Bripka Suyono ,tidak pernah merasa gengsi untuk turun sebagai petani sayur mayur,bahkan di sela sela kesibukan sebagai Babinkamtibmas desa Rejo Sari,mengolah lahan seluas 2 Ha dengan menanam beragam sayuran,berikut liputannya.

Bulle merangin

Lelaki paruh baya,yang sudah mengabdi sebagai anggota polri selama 27 tahun,tampak semangat mengaliri  air di kebun cabe yang terlihat menghijau di desa kukus miliknya.

Anggota polsek pamenang ini,tanpa lelah mengolah lahan yang di tamani beragam sayuran,seperti cabe ,jagung,kacang panjang,dan juga sayur gambas.

Dengan di bantu satu karyawannya,Sosok Babinkamtibmas ini begitu semangat menyiapkan bekal pensiun apalagi saat masih harus membiayai dua buah hatinya,yang masih kuliah dan butuh biaya besar,namun dengan penghasilan sampingan dengan bertani sayur mayur biaya tersebut bisa di tutupi.

” setiap usai menjalankan tugas saya setiap hari saya ke kebun sayur sebab ,ada yang sudah bisa di panen ” katanya .

Diakuinya kebun sayur mayur di olah,dari uang pinjaman Bank namun dengan angsuran yang ringan,membuat Suyono giat berusaha mewujudkan cita citanya menjadi petani yang sukses.

” modal awal saya pinjam dari Bank,dan alhamdulillah saat ini saya masih mengolah satu hektar lahan baru untuk sayuran jenis lain” ujarnya lagi.

Lelaki bersahaja ini selain aktif melakukan pembinaan kepada warga binaanya ,juga aktif mendorong agar masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur untuk di kelola menjadi sumber duit.

” setiap turun ke desa saya selalu menghimbau,agar masyarakat bisa memberdayakan lahan kosong agar bisa menambah penghasilan tambahan,apalagi sayur mayur menjadi bahan pokok” bebernya.

Menjadi petani bukan hal yang sulit,asal ada kemauan pasti bisa di kerjakan kapan saja.

,menjadi petani bisa kapan saja,asal mau dan yang terpenting adalah keinginan dari diri sendiri,dan juga dorongan keluarga” sambungnya lagi.

Suami Impalawati ini juga berkeinginan pada saat dirinya pensiun maka sudah ada bekal untuk masa tuanya.

” saya ingin pada saat pensiun tidak lagi pusing ,sebab saya yakin dengan bertani maka kita akan sukses” tegasnya.

Sementara itu Kapolres Merangin AKBP Munggaran Kartayuda dengan di dampingi kapolsek Pamenang iptu Sampe Nababan,usai melihat kebun sayur milik Suyono memberikan apresiasi kepada anggotanya tersebut.

” saya sangat mendukung dengan kiprah anggota saya sebab mampu membagi waktu tugasnya,dengan waktu bertani,dan ini wajib di tiru oleh anggota lainya” jelas Kapolres.

Sementara itu banyak manfaat yang bisa di ambil selain bisa menambah penghasilan,bertani juga salah satu mendukung program pemerintah dan jadi pilot project,polres merangin.

” saya kira ini akan jadi contoh bagi polres merangin jangan sampai jelang pensiun,tidak ada modal ini akan saya jadikan pilot project,dan dinas terkait akan saya libatkan,agar Bripka suyono bisa menularkan ilmunya bagi masyarakat” tandasnya.(dar)

 

Author

Related Articles

Back to Top