Masa Pandemi ,BLK Gelar Pelatihan Tanggap Covid-19

Merangin- Pandemi Covid saat ini tidak berpengaruh terhadap kegiatan Balai Latihan Kerja (BLK) di kabupaten merangin. Pelatihan kerja tetap dilaksanakan seperti biasa sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan saat ini yaitu menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan serta mengikuti kebijakan daerah atau peraturan pemerintah lainnya.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan telah mengambil sejumlah tindakan atau langkah bagi masyarakat. Dimulai dari mengoptimalkan pelaksanaan Program Kartu Pra-Kerja khususnya bagi pekerja yang terkena PHK melalui pemberian pelatihan dan memberikan insentif pelatihan berbasis kompetensi dan produktivitas bagi masyarakat terdampak.

Program yang tidak kalah penting yaitu mengoptimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) melalui Program BLK Tanggap Covid-19 dalam rangka mengantisipasi dampak dari pandemi ini.

Pelatihan tanggap Covid-19 bertujuan untuk memberdayakan masyarakat yang terdampak oleh penyebaran Covid-19, serta meningkatkan ketahanan ekonomi.

Kepala BLK perubahan program-program pelatihan di BLK sebagai upaya untuk mengantisipasi Covid-19 dan dampaknya. Dengan cara mengubah program pelatihan reguler menjadi program pelatihan tanggap Covid-19.

Hasil produksi dari pelatihan tanggap Covid-19 berupa masker sekuba , dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan guna menanggulangi penyebaran Covid-19. Hasil pelatihan tersebut telah didistribusikan secara gratis.

Pendistribusian akan di lakukan di rumah sakit dan puskesmas, pengendara jalan umum dan ojek, pedagang pasar dan kaki lima, dan di pendesaan.

Adapun program pelatihan tanggap covid-19 yang dilaksanakan di BLK yaitu program pelatihan memasak, membuat masker, dan pelindung wajah

“Kami sudah membuat masker sebanyak 300 dalam sehari dan akan mendistribusikan kepada masyarakat secara gratis”ungkap kepala BLK M.Sani.

Reporter: Agus

Editor : Bule

Updated: 19 Oktober 2020 — 20:27