Mantap, Harga Karet Beranjak Naik

Ekonomi & Bisnis
 170811-AJB-BISNIS-01-KARET
BANGKO- Kegelisahan para petani karet tentang harga karet yang belum kunjung naik tampaknya mulai berakhir. Pasalnya harga karet sekarang mulai beranjak naik ke harga Rp 9 ribu per Kg. Hal ini diungkapkan seorang petani karet asal Bangko, Samsul (57) yang dikonfirmasi Kamis (21/4). Ia menyebutkan kenaikan harga karet tersebut sudah terjadi semenjak sepekan terakhir.
“Alhamdulillah, lah mulai naik, kalau dulu kan hargonyo Cuma Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu, tetapi semenjak duo minggu ni, lah sampai Rp 9 ribu,” ungkap Samsul.
Meskipun harga karet sudah mulai naik, namun Samsul mengatakan kenaikan tersebut belum berimbang dengan harga kebutuhan pokok yang ikut naik, sehingga ia harus rela bekerja lebih giat untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.
“Walaupun naik, tapi hargo kebutuhan kini ko jugo naik, jadi belum berimbanglah, terpakso sayo bekerjo lebih giat,” katanya.
Diungkapkannya, jika Merangin mempunyai pasar lelang karet, maka diperkirakan harga karet akan lebih tinggi lagi, pasalnya menurut informasi yang dihimpunnya di Kabupaten tetangga, harga lelang karet mencapai Rp 13 ribu per Kg.
“Seandainyo kito ni punyo pasar lelang karet yang efektif, kemungkinan hargonyo biso lebih tinggi lagi, kareno dari yang sayo dengar di Kabupaten Bungo, hargo karet di pasar lelang kini sudah mencapai Rp 13 ribu,” ujarnya.
Hal senada pun disampaikan oleh Hanafi (52) yang mengatakan, kalau Pemerintah Merangin seharusnya mengefektifkan pasar lelang karet, karena dengan hal tersebut karet-karet para petani dapat dibeli dengan harga tinggi.
“Kalau memang kito punyo pasar lelang, tolonglah diefektifkan, kareno kito ini sudah lamo menanggung penderitaan macam ini,” ungkap Hanafi.
Untuk itu, ia berharap Pemerintah lebih peka untuk mendengar jeritan para petani karet, dan dapat menyelesaikan persoalan ini.
“Yo kito berharapnyo, Pemerintah kito ni setidaknyo dengar jugo penderitaan kami ni, dan biso menyelesaikan masalah ini secaro baik,” pungkasnya.
 
Yadi

Author

Related Articles

Back to Top