LSM-Papinhas Resmi Giring Kasus PT SAL 1 ke Kejagung

Hukum & Kriminal

Ini Data Lengkap Kecurangan PT. Sal, Terhadap Petani Dari Apkasindo Merangin

MERANGIN – Data pelanggaran PT. Sari Aditya Loka (SAL-1), sejak tahun 2002 sampai tahun 2016 saat ini resmi di-giring Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela Pelindung Hak Masyarakat (LSM-Papinhas) ke-Kejangung.

 

Digiringnya Grup PT. Astra tersebut, dikatakan lansung ketua LSM-Papinhas Masduki dan beberapa perwakilan petani ketika berbincang di depan Kantor Bupati Merangin, Selasa (15/3) sekitar pukul 10.30 WIB.

 

” Camkan, kata-kata saya, dalam memperjuangkan ribuan hak petani plasma ini, saya tidak main-main,”  ungkap Masduki.

 

Masduki menuturkan, pihaknya sudah menunggu beberapa hari untuk mencari solusi baik dari PT. SAL. Namun, tak sedikitpun mereka berniat untuk mencari solusi atas kerugian sebanyak Rp 58 Milyar, kerugian petani sejak tahun 2002 sampai tahun 2016 saat ini.

 

“Saat ini kita tak menunggu lagi. Petani sudah sepakat bahwa kerugian mereka yang digeregoti oleh PT. SAL, dari tahun 2002 hingga 2016 ini digiring saja ke-Kejagung,” tegas Masduki.

 

Sementara, Direktur PT. SAL, Farid Makruf ketika ditanya terkesan mengelak. Diduga kuat takut tekuak lebih jauh pelanggaran perusahaan yang ia pimpin selama ini. Bahkan, Ia malah memilih berkilah hal itu bukan dimasa kepimpinannya, tetapi terjadi dimasa direktur yang lama.

 

” Maaf ya, saya tidak tau persis apa yang terjadi selama ini antara petani Plasma dengan pihak kami. Karena waktu itu bukan saya yang menjabat,” kilah Farid.

 

Menurutnya, dia hanya mengetahui sedikit dari informasi terjadinya gejolak antara petani dan PT. SAL, ini. Namun, sepengetahuannya persoalan sengketa tersebut sudah diselesaikan kedua belah pihak.

 

” Saya tidak tau banyak, saya cuma tahu sedikit tentang permasalahan ini. Dan itu diselesaikan dengan baik oleh kedua belah pihak,” pungkasnya.

 

(Nanang)

Author

Related Articles

Back to Top