LSM Papinhas dan Apkasindo Ancam Giring Kasus PT SAL 1 ke Kejagung

Hukum & Kriminal
Ini Data Lengkap Kecurangan PT. Sal, Terhadap Petani Dari Apkasindo Merangin
MERANGIN – Semenjak Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Merangin, menemukan beberapa pelanggaran di PT. Sari Aditya Loka (Sal-1 ), sehingga mengakibatkan ribuan petani penerima plasma merugi sebanyak Rp 58 Milyar sejak tahun 2002 sampai tahun 2016, ini membuat perusahaan sawit yang terletak di Desa Muara Delang Kecamatan Tabir Selatan kembali dikritik pedas.

Pasalnya, selain Apkasindo yang akan menggalang kekuatan untuk menuntut hak mereka di Grup PT. Astra tersebut, Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela dan Pelindung Hak Masyarakat (LSM-Papinhas), Masduki juga mengancam akan gelar aksi bila tidak ada tanggung jawab dari PT. SAL, untuk mengembalikan hak ribuan petani plasma itu.

“Kita pinta PT. Sal, mencari solusi untuk hak ribuan petani plasma dari tahun 2002 sampai kini belum tau ujung pangkalnya. Jika tidak, pihaknya bersama Apkasindo, akan mengepung dengan masa perusahaan tersebut,” ancam Masduki saat dibincangi Rabu (9/3).

Saat ini, tantang Masduki, dirinya sudah mempunyai data valid pelanggaran PT. Sal tersebut. Tidak menutup kemungkinan, data temuan sebanyak Rp 58 Milyar ini akan diserahkan ke-Kejaksaan Agung di Jakarta.

“Kita tidak main-main dalam hal ini, bila tidak ada solusi bagi petani kita, data pelanggaran PT. Sal akan kita serahkan ke Kejangung nanti, camkan kata saya,” tegas Duki.

Selain itu, ujar Masduki, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi ke ribuan petani yang merasa dirugikan baik di enam Desa di Kabupaten Merangin, tiga Desa di Kabupaten Sarolangun, agar bersiap-siap mendatangi Perusahaan tersebut, guna menuntut hak-hak mereka yang selama ini di tilap.

” Kita sudah koodinasi ke ribuan petani penerima plasma baik dari Merangin, dan Sarolangun, tujuannya agar mempersiapkan diri meraka untuk mengusut tuntas hak-hak mereka,” beber Masduki.

Sementara itu, Joko sendiri, sebagai ketua Apkasindo Merangin berjanji, bila hak petani tidak dikembalikan, maka ia bersumpah akan membeberkankan semua penyalanggaran Kementrian Pertanian yang dilakukan  oleh pihak PT. Sal selama ini.

“Kita lihat dulu, dikembalikan gak hak petani, jika tidak selain kita akan kepung PT. Sal bersama masa LSM Papinhas, saya bersumpah akan membeberkan peraturan Skip Kementan yang dilanggar selama ini,” pungkas Joko.

 
 
(yon)

Author

Related Articles

Back to Top