Longsor, Transportasi Jangkat Nyaris Lumpuh

Peristiwa
jalan-jangkat-longsor
MERANGIN – Tingginya intensitas hujan menyebabkan jalan dari Bangko menuju Jangkat nyaris terputus, Jumat (15/1). Pasalnya, disepanjang  ruas jalan tersebut terdapat dua titik longsor yang membuat sebagian jalan tak bisa dilalui.
Dua titik yang dimaksud yakni di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Muara Siau dan Desa Kuto Teguh, Kecamatan Jangkat Timur. Longsor terparah berada di Desa Kuto Teguh, dengan kedalaman sekitar 20 Meter. Sedangkan longsor yang melanda badan jalan di Desa Rantau Panjang hanya sekitar 2 Meter.

”Hujan dari Jam 20.00 hingga pukul 04.00 dini hari menjadi penyebab jalan itu longsor,” ungkap Nazar salah seorang warga sekitar.

Nazar menambahkan, jika hingga saat ini longsor tersebut mengancam keselamatan para pengendara yang akan menuju dan meninggalkan Jangkat. “Bahaya juga ni, lihat cuma ada bendera kecil tanda ada longsor. Tetapi kalau ditempuh malam hari dengan kecepatan tinggi bukan tidak mungkin akan memakan korban,” cemasnya.
Bupati Merangin, Al Haris yang mendapatkan laporan adanya longsor langsung mengintruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk turun ke lokasi.
“Saya sudah perintahkan kepada Dinas PU untuk mengecek sejauh mana longsor yang menimpa badan jalan Bangko-Jangkat itu,” kata Al Haris.
Dirinya juga mengintruksikan kepada Dinas PU agar dengan segera mencari solusi antisipasi secepatnya.
“Dari Informasi, dinas PU sudah tiba di lokasi. Saya minta secepatnya cari solusi dan atasi masalah itu,” ungkapnya.
Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas PU Merangin, Aspan mengatakan, langkah pertama yang dilakukannya adalah dengan memasang rambu-rambu. Kata dia, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Bupati mengintruksikan agar secepatnya diperbaiki. Dan langkah awal kami telah memasang rambu-rambu. Besok  akan diturunkan alat berat,” kata Aspan.
Pihaknya juga akan segera melayangkan surat kepada Dinas PU Provinsi Jambi karena jalan tersebut merupakan jalan Provinsi.
“Statusnya kan jalan Provinsi jadi kami akan melaporkan dengan surat kepada PU Provinsi,” tandasnya.
 
Seputarmerangin: Zakhrowi

Author

Related Articles

Back to Top