Kurang Syarat Silek Payudon,Di Datangi Harimau

MERANGIN-Usai menggelar silat tradisional di rumah tuo rabtau panjang,Tiba tiba  Masyarakat komplek rumah tuo selasa (18/6) pagi, dihebohkan dengan banyaknya jejak harimau di depan rumah adat (Rumah Tuo) Rantau Panjang Kecamatan Tabir.

Diduga munculnya jejak kaki Harimau besar Namun anehnya jejak kaki harimau tersebut hanya sebelah saja , karena Silek (Silat) Panyudon yang digelar pada Senin (17/6) sore ada yang kurang syarat.

Dan jejak Harimau besar ,bukan hanya di depan rumah tuo saja,Namun di dekat lapangan dan di sungai ,Tentu saja jejak kaki harimau  misterius tersebut menjadi tontonan masyarakat rantau panjang.

“Hal seperti biasanya ada yang salah dalam silek Panyudon kemarin . Kejadian seperti ini pernah terjadi beberapa tahun lalu, itu kejadiannya sama, yaitu ada yang salah,”ujar Herman salah satu warga Rantau Panjang.

Sementara itu tokoh adat Desa Rantau Panjang Isa (66), Mengatakan jauh sebelum Silek Panyudon digelar mengingatkan adat dan budaya tidak boleh diubah. Katanya munculnya jejak kaki Harimau besar sebelah pertanda ada yang salah.

“Dari dulu sudah saya katakan jangan main main dengan silek Panyudon. Jejak kaki harimau itu akan muncul apabila ada yang salah. Jejak kaki harimau besar sebelah itu adalah penunggu rantau panjang,” ungkap Isa.

Bahkan kejadian tersebut terbilang langka,Namun nyata di kehidupan masyarakat.

“Hal seperti ini jarang terjadi terkecuali ada yang salah. Jadi jangan diulang lagi kejadian seperti ini. Budaya baru jangan dimasukan ke budaya lama, rantau panjang ini Keramat,Dan saya yakin karena kesalahan dalam kegiatan adat maka Harimau misterius yang menjadi penunggu desa rantau panjang marah dan menampakan jejaknya Agar adat bisa di jaga dengan baik.”Ujar Isa.

Laporan (ble)

Updated: 18 Juni 2019 — 18:04