Kok Bisa…!!! Mantan Anggota DPRD dan Mantan Kades Terima BLT-DD

MERANGIN – Sungguh miris, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang seharusnya diberikan kepada warga terdampak dan sesuai kriterianya kembali melenceng dari target sasaran.

Pasalnya bantuan tersebut malah diberikan oleh pihak desa bukan kepada warga yang benar-benar membutuhkannya, melainkan kepada mantan anggota DPRD Kabupaten Merangin periode 2009-2014 dan dua mantan Kades Pematang Pauh dan PLT Desa Kabu.

Menariknya lagi, dari daftar list yang didapat, sejumlah nama penerima BLT DD yang menerima bantuan tersebut merupakan keluarga mampu dan tidak malalui verifikasi yang valid di lapangan.

Ketiga nama tersebut tercantum dalam list daftar penerima BLT DD sebagai berikut

  1. Mustaramin nomor urut 01 (Mantan PLT Kades Kabu)
  2. M. Yanis nomor urut 29 (Mantan anggota DPRD Kab. Merangin Periode 2009-2014)
  3. Ansorudin nomor urut 44 (Mantan Kades Pematang Pauh)

Sementara itu, PLH Kades Kabu Teprianto saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya berdalih, terkait dengan pendataan bukan dilakukan oleh pihaknya, melainkan dilakukan oleh pihak Kepala Desa sebelumnya.

“Saya hanya meneruskan saja, data ini dari kades sebelumnya, saya hanya PLH saja sejak 1 Mei lalu,” beber Teprianto

Teprianto juga menambahkan bahwa dirinya sudah mulai menyalurkan bantuan tahap awal untuk 83 KK.

“Kita mulai salurkan yang bulan April,” tambahnya

Terpisah, mantan Kades Kabu Saprun dikonfirmasi melalui ponsel pribadinya membenarkan data tersebut dan menjelaskan bahwa kondisi ketiga penerima BLT DD tersebut sesuai dengan kriterianya.

“Memang benar, cuma kondisi mereka saat ini sudah berbeda, mereka semua terdampak, yang mantan Dewan sekarang sudah tidak lagi, begitu juga dengan mantan kades,” jelasnya.

Penulis : Eric Orlando

Editor : Bule

Updated: 22 Mei 2020 — 18:47