Ketika Perda Tak Kunjung Disahkan

muslim, S.Ag
PEJABAT Kepala Desa yang saat ini dijabat oleh PNS dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin diperkirakan akan melaksanakan tugas sebagai PJs sampai pertengahan tahun 2016, bahkan lebih.
 
Hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada tanda- tanda akan diselenggarakannya Pilkades di Bumi Tali Undang Tambang Teliti, Kabupaten Merangin. Saya selaku ketua Forum BPD telah mendapat konfirmasi via seluler dari pengurus BPD berbagai kecamatan yang ada dalam Kabupaten Merangin.
 
Mayoritas mempertanyakan tentang kepastian kapan pelaksanaan Pilkades. Tentu ini mendorong kami mendesak pemerintah untuk segera melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Merangin.
 
Sebagai Ketua Forum BPD, saya sudah melakukan upaya mengkonfirmasikan hal ini kepada Bapak Bupati Merangin melalui seluler. Namun, beliau (Bupati) mengatakan sebagai Bupati mengaku pasra. Apapun asumsi dan tudingan masyarakat terhadap pemerintah (Bupati) saya tidak bisa berbuat apa-apa  lagi karena Pilakades ini menyangkat Perda Desa yang sampai saat ini belum disahkan oleh DPRD Kabupaten Merangin.
 
Sayangnya, untuk melaksanakan Pilkades harus diterbitkan dulu Peraturan Bupati tentang Pilkades. Saat ini, Perbup belum bisa dibuat karena menunggu pengesahan Perda. Sebagai wakil masyarakat , saya mengharapkan Kepada Ketua DPRD kabupaten Merangin agar segera mengesahkan Perda Desa.
 
Ini  menyangkut hajat masyarakat banyak dalam rangka mengoptimalkan Anggaran Dana Desa yang tahun 2016 ini sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dibutuhkan kerja full Kepala Desa tanpa ada tugas sampingan yang kebanyakan adalah PNS/guru.
 
 
Muslim, S.Ag
Ketua Forum BPD Kabupaten Merangin
Updated: 17 Februari 2016 — 11:59