Pantau Kesehatan SAD,Dinkes Siapkan Pelayanan Mobile

SAROLANGUN-Guna memberikan pelayanan kesehatan kepada suku anak dalam (SAD),dinas kesehatan sarolangun sudah memerintahkan kesetiap puskesmas yang wilayahnya,ada warga SAD untuk memberikan pelayanan kesehatan secara mobile.

Pasalnya keberadaan warga SAD yang masih nomanden,sangat rentan terhadap penyakit kulit,lambung dan juga rentan terhadap infeksi saluran atas (Ispa).

“Saya sudah minta di setiap puskesmas yang ada di wilayahnya warga SAD,agar memberikan pelayanan secera mobile,agar lebih memudahkan proses pelayanan bagi mereka” jelas kadinkes sarolangun H Adnan.

Di akui bahwa penyebaran terbanyak warga SAD,berada di puskesmas pematang kabau kevamatan air hitam,dan beberapa waktu lalu ada sekitar 14 warga SAD yang sempat dirawat di puskesmas.

“Beberapa minggu yang lalu ada sekitar 14 orang ,warga SAD yang di rawat di puskesmas pematang kabau,dan rata rata mereka  terkena penyakit kulit,lambung atau mag,serta ispa,namun setelah di rawat mereka kembali kekmunitasnya”bebernya lagi.

Dua di antaranya sempat di rujuk ke RSU sarolangun,namun saat ini sudah sehat dan pulang ke pematang kabau.

“Ada dua orang yang sempat di rawat di rumah sakit,sebab untuk di tangani di puskesmas tidak bisa makanya kita rujuk fan saat ini mereka sudah pulang”katanya.

Sementara bagi warga SAD yang sakit dan tidak memiliki kartu indonesia sehat (KIS)  ataupun kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas),tetap di layani.

“Bagi yang tidak memiliki kartu KIS dan kartu jamkesmas,tetap kita layani dan yang jelas gratis”tandasnya.

Di lokasi yang banyak warga SAD,di rencanakan akan di sediakan puskesdes,dan di tempatkan petugas medis untuk standby.

“Memang ada petugas yang kita standbykan,agar pelayanan tetap maksimal sepedti di kecamatan air hitam yang banyak di huni warga SAD,dan tidak menutup kemungkinan kita akan menempatkan petugas kesehatan di lokasi yang banyak di huni warga SAD”pungkasnya.

 

Laporan                : Abitiyas

Editor                    : AGH

Updated: 21 Februari 2017 — 23:00
© 2016-2018, seputarmerangin.com Klick SM-TT DEPT
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: