Bukti Kampung KB,Tekan Pernikahan Usia Dini

MERANGIN-Manfaat Kampung (keluarga berencana) KB yang berada di Desa lantak Seribu  kecamatan Renah Pamenang,Terbukti mampu menekan angka pernikahan dini,Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat Desa Lantak Seribu ,semakin tau betapa pentingnya membangun keluarga dengan pondasi usia yang matang.

Selain itu angka peningkatan penggunaan alat kontrasepesi  seperti IUD,Pil KB,Suntik KB juga meningkat,Namun bagi kalangan pria  vasektomi  masih banyak yang belum mau.

Bukan hanya soal keluarga saja,Tapi kesehatan baik jasmani dan rohani,Di kampung KB ikut aktif.

“Ini terbukti bahwa kampung KB di Desa Lantak Seribu sudah berjalan dengan baik,jumlah pernikahan dini jadi lebih jauh menurun,sebab dalam rentang satu tahun cuma satu kasus perikahan dini di sini”Jelas Antoni Defila Kasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( 10/12).

Yang membanggakan lagi,Banyak kader yang ikut langsung terjun ketengah masyarakat,Sehingga kesadaran masyarakat makin baik.

“Ke aktifan kader juga menjadi penunjang utama,Sehingga keberhasilan kampung KB bisa di jadikan contoh bersama”Tambahnya.

Sementara itu Samono Kades Lantak Seribu,Mengatakan bahwa program kampung KB memberikan warna tersendiri dalam kehidupan dalam berkeluarga di desanya.

“Kesadaran di tengah masyarakat,Akan pentingnya menata pondasi dalam berkeluarga makin baik,Apalagi jika pada tahun sebelumnya masih banyak pernikahan dini,Namun dengan pembinaan di kampung KB tahun ini hanya 1 kasus pernikahan dini saja”Jelas Samono.

Faktor pernikahan dini terjadi akibat remaja,Belum bisa mempersiapkan pondasi dalam berkeluarga,Sehingga banyak keluarga muda yang masih harus bekerja keras menghidupi keluarganya.

“Memang banyak faktor X yang mendasari pernikahan dini,Tapi dengan adanya pembinaan melalui pembinaan kampung KB perlahan makin baik,Apalagi komitmen  dinas kesehatan dan kementrian agama juga ikut terlibat dalam program kampung KB,Kami jadi makin terbantu dan tinggal meningkatkan kampung KB di Desa Kami”Tandasnya.(ble)

Updated: 10 Desember 2018 — 15:01
© 2016-2019, seputarmerangin.com SM IT Dept
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: