Kabag Organisasi Ngaku Diperintah Sekda Komersilkan Pengadaan Pangkat

Utama

 pangkat pns

MERANGIN- Pengadaan pangkat swadaya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dijajaran Setda Merangin yang dikoordinir Bagian Organisasi beberapa waktu lalu, dikeluhkan beberapa PNS. Bahkan kini para PNS itu merasa tertipu.

Pasalnya pangkat dan caping PNS tersebut, telah banyak dijual di toko-toko di Kota Bangko, yang harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang dibandrol Bagian Organisasi Setda Merangin.

Menurut pengakuan sejumlah PNS, untuk dua set pangkat dan satu caping Bagian Organisasi yang dinahkodai Dr Agus, telah memungut biaya Rp 500 ribu/rorang PNS. Sedangkan harga satu set pangkat golongan tiga di toko Kota Bangko hanya Rp 100 ribu.

“Kalau dua set baru Rp 200 ribu ditambah harga caping. Itu harga di Kota Bangko, sedangkan pengadaan itu dibeli di Jakarta yang tentunya lebih murah,” ujar salah seorang PNS yang buru-buru melarang wartawan menulis namanya.

Senada, PNS lainnya yang saat itu tengah nimbrung di loby bupati menyebutkan, Di Blok satu Pasar Inpres Senin Jakarta, harga satu set pangkat golongan tiga itu paling kuat Rp 50 ribu perset untuk golongan tiga, golongan dua lebih murah lagi.

Ini artinya lanjut pria berbadan kurus itu, berapa besar keuntungan yang diraup jika satu PNS saja dipatok Rp 500 ribu. “Awalnya kami mengikut saja, karena belum tahu harga pangkat itu sebenarnya,” jelas seorang PNS yang juga minta namanya tidak ditulis.

Tapi kan harga tiket pesawat ke Jakarta itu cukup mahal. “Mas, PNS itu punya dana perjalanan dinas, yang kemana saja dibiayai negara,” jelas PNS dari bagian lainnya yang baru muncul ikut nimbrung.

Kabag Organisasi Dr Agus saat dikonfirmasi awak media,  mengatakan, kalau dirinya tidak pernah menjadikan pengadaan pangkat menjadi komersil. Kilah Agus, saat itu berdasarkan rapat, dirinya diperintah Sekda Merangin untuk menyiapkan pangkat dan caping para PNS.

“Saat itu, kebetulan saya memang ke Jakarta. Sesuai dengan petunjuk Sekda agar senin lalu para PNS minimal Kabag sudah harus memiliki caping dan pangkat maka kawan-kawan banyak yang nitip kepada saya,” kilahnya singkat.

 

(nanang)

 

 

Author

Related Articles

Back to Top