Jalan Bangko-Kerinci Longsor

Peristiwa

IMG_20160414_155058

BANGKO- Hujan Deras yang mengguyur Desa Birun,Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin, Jambi malam tadi Kamis (14/4/2016) mMembuat di berepa ruas jalan propinsi tersebut tertimbun longsor dan membuat kendaraan yang melintasi jalan tersebut terhambat selama satu jam lebih.

 

Longsor yang berada di Kilometer 70 tepatnya di Desa Birun terjadi pada Hari Rabu (13/4/2016) mulai pukul 22.00 Wib hingga pagi tadi,dimana seluruh jalan tertimbun tanah dan pohon roboh,sehingga membuat kemacetan arus lalu lintas dijalan dari Bangko menuju kabupaten Kerinci.

 

Saat terjadi longsor, warga sekitar mencoba membersihkan lokasi longsor dengan menebang kayu – kayu yang menghalang jalan, kemudian disusul oleh Kapolsek Sungai Manau Bersama anggotanya mendatangi lokasi longsor dan membantu warga membersihkan sisa – sisa longsor.

 

Pembersihan longsor berlangsung selama satu setengah jam dengan cara manual,namun pembersihan longsor belum secara merata,mengingat material tanah yang begitu banyak menimbun jalan, dan longsor hanya bisa di bersihkan dengan menggunakan alat berat.

 

Kini kondisi jalan yang tertimbun longsor hanya bisa di lalui satu kendaraan dengan cara bukak tutup.

 

Kapolsek Sungai Manau IPTU Nursan membenarkan jika terjadi longsor yang mengakibatkan arus lalu lintas terhambat selama satu jam lebih itu.

 

“ longsor terjadi di Desa Birun,kilometer 70 dan kini longsor sudah bisa kita atasi meski masih memakai sistim bukak tutup untuk kendaraan yang melintasi titik longsor tersebut,”ungkap IPTU Nursan Kamis(14/4/2016).

 

Nursan juga mengatakan jika dirinya tidak bisa menjamin jika longsor akan terjadi kembali mengingat kondisi tanah yang masih labil.

 

“saya melihat jika hujan terjadi kembali, berkemungkinan akan terjadi longsor kembali dengan kondisi yang lebih parah,” urai IPTU Nursan.

 

Sampai Saat ini belum ada upaya pemerintah untuk menurunkan alat beratnya untuk membersihkan longsor yang terjadi di Desa Birun kecamatan Pangkalan Jambu kabupaten Merangin, padahal jalan ini merupakan akses satu-satunya yang terdekat menuju kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh.

 

(dep)

 

Author

Related Articles

Back to Top