Terkait KK dan Akte Palsu, Polisi Segera Dalami Kasusnya

SAROLANGUN,- Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun Helmi berjanji akan mencari tau pelaku pemalsuan Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Sejauh ini Helmi mengaku sudah mendapatkan sedikit informasi dari pemilik KK dan akta palsu. Ia menduga pelakunya lebih dari satu orang, dan ada kemungkin pelakunya melibatkan orang dalam.

“Saya punya cara mendalami masalah ini.  Memang ada kemungkinan melibatkan orang dalam,” ujar Helmi.

Helmi menerangkan, KK dan akta kelahiran yang tidak terdaftar dalam data base alias palsu itu dikeluarkan pada tahun 2016 lalu.

“Diduga bermotif  financial dibalik pemalsuan dokumen tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Sarolangun Cek Endra sudah memberi tanggapan terkait pemalsuan KK dan Akta Kelahiran tersebut. Ia mengatakan kasus itu adalah tindakan kriminal.

 “Usut tuntas, itu krimanal,” tegas Cek Endra.

Dengan pemalsuan KK Dan akta, sangat di sayangkan jika di pergunakan untuk mencari keuntungan pribadi.

“Saya kira ini harus benar benar di selesaikan dan di usut, di tengah masyarakat mencari KK dan akta kelahiran, ini malah di manfaatkan ini harus di usut tuntas”tandasnya.

Terpisah Kapolres Sarolangun AKP Dadan Wiralaksana,melalui Kasatreskrim Polres Sarolangun AKP George Pakke, membenarkan pihaknya baru menerima laporan pencurian KK.

“Kita memang menerima laporan pencurian KK yang di laporkan oleh dinas dukcapil Sarolangun”jelas Kasat.

Namun pihaknya akan segera mengklarifikasi laporan korban, terkait dengan pencurian KK atau pemalsuan yang terjadi.

“Dalam waktu dekat kita akan segera klarifikasi, memang pencurian dokumen KK atau pemalsuan, dan ini akan segera kita dalami jika memang ada unsur pemalsuanya maka kita akan jerat dengan pasal 263 KHUP, sementara yang menggunakan dokumen palsu juga bisa kita jerat,dan ancamanya di atas lima tahun penjara”pungkasnya.

 

Laporan : (ble)

Edt : yy

Updated: 11 Maret 2018 — 19:43
© 2016-2018, seputarmerangin.com Klick SM-TT DEPT
error: Jangan Suka Coppy Paste Berita Orang Broo...
%d blogger menyukai ini: