Harpi Diminta Tonjolkan Budaya Lokal

Warta Desa
Suasana acara yang berlangsung sukses
MERANGIN – Perwakilan pengias pengantin di Provinsi Jambi kemarin (4/2) berkumpul di Kabupaten Merangin. Para anggota Himpunan Tataris Pengantin Indonesia (Harpi) Melati tersebut menggelar arisan rutin di Hotel Cantika.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Merangin, Khafid Moein meminta agar Harpi lebih menonjolkan budaya lokal pada setiap hiasan pengantin.
 
‘’Negara kita kaya akan budaya, termasuk budaya menghias pelaminan pengantin. Untuk itu tonjolkanlah budaya lokal pada setiap menghias penganti, sehingga budaya pelaminan lokal itu menjadi hidup,’’ ujar Khafid.
 
Bisa saja lanjutnya, pelaminannya pakai budaya Merangin tapi pengantinnya pakai baju pengantin budaya Jawa atau budaya daerah lainnya. Kombinasi budaya itu sangat bagus dan mencerminkan budaya Jambi yang beragam.
 
Ketua DPD Harpi Melati Jambi Hj Masturah mengaku sangat berterimakasih kepada Ketua DPC Harpi Melati Merangin Hj Emi Khafid yang telah lama mengangkat budaya lokal pada usaha rias pengantin.
 
‘’Kami juga berterimakasih kepada Wabup dan Ibu yang telah memberikan fasilitas dan akomodasi gratis untuk acara arisan rutin Harpi Melati Jambi ini. Acara ini bertujuan mengembangkan bakat dan kemampuan menata rias pengantin dan adat istiadat,’’ terang Hj Masturah.
 
Sementara itu Ketua DPC Harpi Melati Merangin Hj Emi Khafid mengharapkan, disamping sebagai ajang silaturahmi antar anggota Harpi Melati, acara itu juga bertujuan saling sering kemampuan anggota dalam menghias pengantin.
 
‘’Paling tidak bisa saling tukar pikiran dan saling berbagi ilmu antar anggota Harpi Melati saat berkumpul di Merangin. Di Merangin juga banyak objek wisata yang sayang jika tidak dikunjungi,’’ ujar Hj Emi Khafid.
 
 
Seputarmerangion: hms/teguh

Author

Related Articles

Back to Top